Real Count KPU, Sri Junarsih-Gamalis Sementara Unggul di Pilkada Berau

Suara masuk ke laman KPU baru 88,89 persen.

Balikpapan, IDN Times - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Berau, Sri Junarsih -Gamalis dengan nomor urut 2 berhasil unggul sebesar 57,7 persen. Sementara, pesaingnya paslon nomor urut satu, Seri Marawiah - Agus Tantomo hanya mengantongi 42,3 persen, versi hitung cepat Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) pemilihan kepala daerah (Pilkada) Berau 2020. 

Dikutip dari laman resmi KPU per 15 Desember 2020, Sri Juniarsih - Gamalis sementara unggul dengan raihan 56.390 suara. Sementara pesaingnya Seri Marawiah - Agus Tantomo mendulang 41.331 suara. Penghitungan suara masih berlangsung, hingga kini baru 88,89 persen atau 496 dari 558 TPS yang sudah masuk ke data KPU.

1. Sri Junarsih maju menggantikan suaminya yang wafat

Real Count KPU, Sri Junarsih-Gamalis Sementara Unggul di Pilkada BerauBupati Berau Muharram saat sampaikan konferensi pers terkait dirinya positif COVID-19 beberapa waktu lalu. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sri Juniarsih merupakan istri dari Bupati Berau Muharram sebelumnya maju sebagai calon Bupati Berau berpasangan dengan politisi Partai PPP, H. Gamalis. Namun Muharram meninggal dunia karena COVID-19 pada 22 September 2020 lalu.

Sri Juniarsih kemudian ditunjuk oleh partai pengusung yakni PKS untuk menggantikan sang suami. Jika terpilih, maka ia akan menjadi bupati perempuan pertama di Berau. Pasangan ini diusung gabungan parpol, yakni PKS, PPP, Demokrat, Gerindra dan PAN, serta PKB dan Gelora, dengan slogan "Ragam Pesona Berau"

Pilkada Berau ini juga menarik karena menjadi ajang pertempuran dua srikandi untuk merebut posisi bupati, yakni antara Sri Juniarsih dan Seri Marawiah.

Baca Juga: Rahmad-Thohari Ajak Warga Gotong Royong Bangun Kota Balikpapan

2. Program unggulan saat terpilih jadi Bupati dan Wakil Bupati Berau

Real Count KPU, Sri Junarsih-Gamalis Sementara Unggul di Pilkada BerauPaslon Sri Juniarsih - Gamalis dalam Pilkada Berau 2020 mendapatkan nomor urut 2 (Dok.IDN Times/Istimewa)

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Berau Sri Junarsih -Sri Junarsih Gamalis memiliki 18 program unggulan yang akan dilaksanakan saat menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Berau.

Program tersebut antara lain penyediaan 1000 titik wifi gratis hingga ke tingkat desa, peningkatan sarana fasilitas air bersih (25.000 sambungan baru) dan listrik di seluruh kampung, gratis iuran BPJS Kesehatan bagi warga yang tidak mampu, serta pembangunan rumah sakit tipe B termasuk layanan PCR gratis.

Selain itu pasangan ini juga hendak menyediakan fasilitas pembinaan, pelatihan serta kredit lunak kepada UMKM, tata kelola pemerintahan yang bersih & berkualitas melalui SDM yang profesional berbasis digital teknologi.

Juga akan menggratiskan fasilitas Balai Latihan Kerja (BLK) dan perlindungan tenaga kerja lokal, serta bantuan rumah layak huni bagi masyarakat yang kurang mampu, dan sejumlah program lainnya. 

3. Deklarasi kemenangan saat usai quick count

Real Count KPU, Sri Junarsih-Gamalis Sementara Unggul di Pilkada BerauPaslon Bupati dan Wakil Bupati Berau, Sri Juniarsih dan Gamalis (Dok.IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, pada Pilkada Serentak pada 9 Desember lalu, tim pemenangan Palson Bupati dan Wakil Bupati Berau Sri Junarsih - Gamalis langsung melakukan deklarasi kemenangan setelah unggul pada quick count.

Calon Wakil Bupati Berau, Gamalis dalam pidato di posko pemenangan, mengatakan, menurut penghitungan cepat yang dilakukan para tim di posko kemenangan ini ia bersama Calon Bupati Berau Sri Juniarsih unggul dari lawannya nomor urut 1 yakni Seri Marawiah - Agus Tantomo.

“Kami optimis menang karena sejauh ini sudah unggul lebih dari 50 persen, dan tinggal menunggu hasil akhir yang akan diumumkan langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau,” ujar Gamalis.

Sri Juniarsih merasa bersyukur atas kemenangannya dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. "Alhamdulillah dari data di TPS yang dirangkum relawan telah menunjukkan kita unggul di pesta demokrasi 9 Desember 2020,” jelas Sri Juniarsih.

Baca Juga: Satu Kaki Paslon Andi Harun-Rusmadi Sudah Masuk Balai Kota Samarinda

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya