Comscore Tracker

Rumah di Kawasan Pertamina Terbakar, Warga Dilarikan ke Rumah Sakit

Kebakaran disebabkan pemilik rumah memasak

Balikpapan, IDN Times - Sebuah rumah di kawasan Kompleks Perumahan PT Pertamina (Persero) di Jalan Klamono I Muara Rapak Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) hangus terbakar, Senin (8/8/2022) pukul 11.30 Wita. 

Kebakaran terjadi berlangsung cepat membuat rumah tidak bisa diselamatkan.

"Kebakaran ini terjadi di Jalan Klamono I, dekat Masjid Baabullah Khair," sebut Danramil Balikpapan Utara Mayor Inf Suryaman Zakaria.

1. Kebakaran terjadi saat penghuni rumah memasak

Rumah di Kawasan Pertamina Terbakar, Warga Dilarikan ke Rumah SakitRumah di kawasan Kompleks Perumahan PT Pertamina (Persero) di Jalan Klamono I Muara Rapak Balikpapan hangus terbakar, Senin (8/8/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Suryaman menambahkan, kejadian bermula ketika salah seorang penghuni rumah bernama Martini tengah memasak. Situasi itu yang diduga menjadi penyebab kebakaran rumah ini.

"Entah kompornya meledak atau ada yang tumpah, tapi api langsung begitu membesar," ungkapnya.

Baca Juga: Pengasuh di Balikpapan Tega Menganiaya Tiga Anak di Bawah Umur 

2. Korban luka dilarikan ke RS

Rumah di Kawasan Pertamina Terbakar, Warga Dilarikan ke Rumah SakitIlustrasi rumah sakit. (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Ketua RT 52 Muara Rapak Ardiansyah mengatakan, di dalam rumah yang terbakar tersebut ada setidaknya 3 kepala keluarga sebanyak 10 jiwa. 

Di mana dalam musibah ini, satu orang mengalami luka bakar ringan atas nama Martini yang kini sudah dalam penanganan medis dengan dilarikan menuju rumah sakit terdekat.

3. Akses jalan sempit jadi kendala petugas BPBD Balikpapan

Rumah di Kawasan Pertamina Terbakar, Warga Dilarikan ke Rumah SakitRumah di kawasan Kompleks Perumahan PT Pertamina (Persero) di Jalan Klamono I Muara Rapak Balikpapan hangus terbakar, Senin (8/8/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Kabid Kedaruratan BPBD Kota Balikpapan Usman Ali mengatakan, untuk penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan oleh pihak kepolisian. Hanya saja bangunan yang terbakar ada 1 unit dan ada 1 yang terdampak.

“Sejumlah mobil pemadam sudah dikerahkan untuk melakukan proses pemadaman dari BPBD Kota Balikpapan 8 unit dibantu dari pihak Pertamina 1 unit dan dari mobil milik PDAM,” ujarnya. 

Dalam proses pemadaman ini, katanya, kendala yang dialami petugas hanya akses jalan yang menuju ke lokasi cukup sempit karena bertepatan dengan jam pulang anak sekolah.

“Akses jalan sempit jadi faktor penghambat, termasuk banyaknya kerumunan warga yang melihat kebakaran,” tutupnya.

Baca Juga: Asyiknya Berwisata Susur Teluk Balikpapan dengan Kapal Pinisi

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya