Comscore Tracker

Temui Pamtas di Nunukan, Kasad Pesan untuk Jaga Kehormatan Bangsa 

Dukung persiapan pembangunan IKN di Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kerja ke Kodam VI Mulawarman. Kedatangan orang nomor satu TNI AD di Bandara Sepinggan Balikpapan disambut Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, Kapolda Kaltim, Asisten I Prov Kaltim, pejabat utama Kodam VI/Mlw, Danlanal Balikpapan, dan Danlanud Dhomber Balikpapan.

“Tadi saya sudah ke Kabupaten Nunukan, sekaligus langsung ke Pulau Sebatik, di sana saya melihat langsung pamtas (pengamanan perbatasan) yang bertugas mengamankan perbatasan yang dilakukan satuan TNI AD, dan Alhamdulillah seluruh prajurit dalam keadaan sehat walafiat, tujuan saya yaitu hanya ingin melihat prajurit-prajurit saya yang paling terdepan supaya saya paham dalam mengambil keputusan dan kebijakan,” katanya kepada awak media di Balikpapan, Kamis (6/1/2022). 

1. Kedaulatan negara harus dipertahankan sampai titik darah penghabisan

Temui Pamtas di Nunukan, Kasad Pesan untuk Jaga Kehormatan Bangsa Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Kodam Mulawarman, Kamis (6/1/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam kunjungan itu, Dudung menekankan kepada anggotanya untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya, terutama dalam menjaga kehormatan bangsa dan negara harus dipegang teguh.

“Dan kedaulatan negara harus kita pertahankan sampai titik darah penghabisan,” tegasnya.

Selain itu, ia pun meminta prajuritnya menjaga soliditas TNI-Polri, terutama dalam melaksanakan tugas.  Sehingga terjadi kolaborasi antara dua institusi, termasuk juga dengan pemerintah daerah.

“Saya juga minta untuk mendukung program pemerintah, jadi setelah pandemik COVID-19 ini, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan, walaupun tugasnya pengamanan namun TNI harus tetap hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan perekonomian, sehingga kehadirannya dirasakan masyarakat dan pada gilirannya meningkatkan taraf hidup masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Ganti Rugi Lahan Pembangunan Rumah Sakit di Balikpapan Jadi Polemik

2. Dukung pemerintah dalam persiapan pembangunan IKN di Kaltim

Temui Pamtas di Nunukan, Kasad Pesan untuk Jaga Kehormatan Bangsa Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Kodam Mulawarman, Kamis (6/1/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara terkait rencana pemindahan ibu kota negara (IKN), di mana Mabes TNI salah satu yang akan pertama kali dipindahkan. Dudung menegaskan, TNI AD akan menyesuaikan dengan pemerintah pusat.

“Dan kalau memang terjadi pemindahan, maka akan dikoordinasikan dengan Kementerian Pertahanan dengan Panglima TNI, jumah personelnya, Angkatan darat pasti akan menyesuaikan,” tegasnya.

Kodam Mulawarman sedang fokus dalam membantu tugas daerah melaksanakan vaksinasi bagi anak-anak berusia 6 tahun ke atas. 

“Tentunya untuk vaksinasi ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan,” ujarnya.

3. Disambut tradisi tepung tawar dan tanam pohon

Temui Pamtas di Nunukan, Kasad Pesan untuk Jaga Kehormatan Bangsa Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Kodam Mulawarman, Kamis (6/1/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Jenderal Dudung disambut dengan tradisi adat Tepung Tawar dan Tari Datun Julud yang merupakan penyambutan tamu bagi masyarakat Kaltim. Tradisi  ini diyakini mengandung makna penolak segala rintangan dan bala bencana, serta menyucikan diri bagi yang menginjakkan kaki di Bumi Etam Borneo.

Usai mengunjungi para prajurit di perbatasan RI-Malaysia di Pulau Sebatik Nunukan Kaltara, Kasad pun terbang ke Balikpapan Kaltim. 

Ia memberikan pengarahan kepada pejabat di Kodam VI Mulawarman. Namun sebelum itu, Jenderal Dudung melakukan penanaman pohon sawo kecik di halaman Makodam VI Mulawarman.

Baca Juga: Kedatangan Pangdam Mulawarman Baru Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya