Comscore Tracker

Sembuh dari Virus Corona, 3 Pasien di Balikpapan Boleh Pulang ke Rumah

Disarankan agar selalu menjaga kesehatan tubuh

Balikpapan, IDN Times - Akhirnya 3 pasien positif virus corona yang dirawat di Ruang Isolasi RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan dinyatakan sembuh alias bebas dari virus corona. Pemulangan ketiga pasien tersebut dilaksanakan secara seremonial dan dipimpin langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona atau COVID-19 di Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Kamis (9/4).

1. Bakal menjadi juru kampanye pemerintah mengenai waspada virus corona di tengah masyarakat

Sembuh dari Virus Corona, 3 Pasien di Balikpapan Boleh Pulang ke RumahIDN Times/Haikal

Ketiga pasien yang dinyatakan sembuh tersebut ialah Muhammad Wahid dan Rubiyanti. Keduannya berasal klaster antiriba di Bogor, Jawa Barat kemudian yang terakhir ialah Jodi Anggoro karyawan  PT. Pertamina Hulu Mahakam di Balikpapan.

“Kami bersyukur mereka sudah sembuh dan mudah-mudahan sehat terus,” harap Rizal.

Rizal juga ingin ketiga pasien ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan bisa membantu pemerintah mengampanyekan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona.

“Mereka ini sebagai bahan kampanye di masyarakat untuk terus waspada, sehingga mereka harus diterima dengan baik. Jangan ada penolakan dan sebagainya,” pintanya.

2. Belum ada jaminan pasien sembuh dari virus corona tak bisa tertular lagi

Sembuh dari Virus Corona, 3 Pasien di Balikpapan Boleh Pulang ke RumahAndi Sri Juliarti, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan dr. Andi Sri Juliarti mengatakan ketiga pasien ini dinyatakan sembuh setelah menjalani pemeriksaan swab sebanyak dua kali dan hasilnya negatif. Tak hanya itu, ketiga pasien juga menjalani masa observasi dan adaptasi sosial selama tujuh hari sebelumnya dinyatakan benar-benar sembuh dari COVID-19.

Meski sudah dinyatakan sembuh, ketiga pasien tersebut masih berpotensi terjangkit kembali, sehingga tetap dianjurkan menjaga kesehatan tubuh setelah keluar dari rumah sakit. Dengan kata lain, pasien ini belum tentu kebal terhadap serangan virus corona? Dio, begitu dia biasa disapa menegaskan hal tersebut tidak bisa dipastikan.

“Mereka sama seperti kita, harus tetap waspada dengan tetap menjaga kondisi tubuh,” katanya.

3. Sembuh dari virus corona, Wahid ucapkan terima kasih banyak untuk RSKD, petugas kesehatan hingga tetangga yang setia mendukung

Sembuh dari Virus Corona, 3 Pasien di Balikpapan Boleh Pulang ke RumahIDN Times/Haikal

Salah satu pasien sembuh yakni  Muhammad Wahid mengungkapkan mengenai banyaknya hikmah yang bisa diambil selama menjalani masa observasi 7 hari di RSKD Balikpapan.  Ia mengaku menjalani masa observasi dengan dengan ikhlas dan sabar, agar bisa kembali bisa bertemu dengan keluarga yang sudah lama menunggu di rumah.

“Saya masuk sejak 18 Maret dan dinyatakan positif 19 Maret 2020. Kemudian 3 April diperbolehkan pulang dan 7 hari observasi dinyatakan sembuh, cukup lama ada sebulan,” jelasnya.

Dirinya juga sangat mengapresiasi pelayanan yang diberikan selama dirawat di ruang Isolasi RSKD Balikpapan hingga dirinya dapat dinyatakan sembuh dan dapat pulang kembali ke rumah. 

“Mereka luar biasa dan patut diapresiasi karena tugasnya sangat berat. Saya tahu sendiri dan sering berbincang dengan dokter dan perawat, mereka butuh dukungan karena banyak perjuangan yang harus dilakukan seperti kebutuhan APD dan lainnya,” ujarnya

Selain itu, dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada sejumlah tetangganya di kawasan Perumahan Sepinggan Pratama di lokasi tempat tinggalnya, yang terus memberikan dukungan kepada keluarganya selama dirinya menjalani masa isolasi dan observasi di rumah sakit

“Alhamdulillah, tetangga-tetangga saya memberi dukungan. Sering mengantarkan saya makanan bahkan saat voucer PLN habis, dibantu oleh warga,” ungkapnya

Berdasarkan pengalaman yang didapatkannya, dia mengimbau kepada masyarakat agar selalu mengikuti aturan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. “Jika disiplin dan benar, insyaAllah, ini segera berakhir dan kembali normal,” pungkasnya.

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya