USBN SD Resmi Dihapus, Begini Penjelasan Disdikbud Balikpapan

Materi ujian dibuat sekolah didampingi Kemendikbud

Balikpapan, IDN Times - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat sekolah dasar (SD) tak lagi diterapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai 2020 dan menggantinya lewat ujian sekolah biasa sebagai tes kelulusan. Penilaian USBN diserahkan ke sekolah, sebagai bentuk otonom.

"Sudah tidak ada USBN tahun ini, digantikan dengan Ujian Sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan, Muhaimin ketika dikonfirmasi pada Sabtu (7/3).

1. Tahun ini SD tak lagi melaksanakan USBN, sementara SMP dan SMA menyusul

USBN SD Resmi Dihapus, Begini Penjelasan Disdikbud BalikpapanPotret murid-murid SD Filial 004 yang berada pinggiran Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Menurut Muhaimin, perubahan tersebut tertuang dalam Permendikbud 43/2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. Penerapan penghapusan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di tingkat Sekolah Dasar (SD) mulai diterapkan pada 2020 ini. Sedangkan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) baru akan diterapkan pada 2021 mendatang, sehingga untuk jenjang SMP dan SMA masih menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun ini.

"Tahun ini, SD sudah mulai diterapkan, sedangkan SMP dan SMA baru akan diterapkan tahun depan, jadi tahun ini masih ada UNBK," ujarnya.

2. Materi ujian akan disusun sekolah bersama kelompok kerja guru didampingi Kemendikbud

USBN SD Resmi Dihapus, Begini Penjelasan Disdikbud Balikpapanilustrasi USBN (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Ia menjelaskan dalam mendukung rencana perubahan penyelenggara ujian sekolah, pihaknya pihaknya menyerahkan persiapan kepada masing-masing satuan pendidikan sekolah. Terutama dalam menyusun materi ujian yang akan diterapkan dalam pelaksanaan Ujian Sekolah.

"Nanti dalam prosesnya akan melibatkan unsur sekolah yakni Kelompok Kerja Guru di masing-masing mata pelajaran," terangnya. 

Meski demikian, lanjutnya, nantinya sekolah juga akan dibantu oleh Kemendikbud serta instruktur nasional yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan dalam penyusunan materi ujian.

3. Dalam waktu dekat 11 ribu murid SD dari 186 sekolah akan ujian sekolah

USBN SD Resmi Dihapus, Begini Penjelasan Disdikbud BalikpapanIlustrasi (IDN Times/Aan Pranata)

Dia menambahkan, bentuk ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dapat berupa portofolio, penugasan, tes tertulis, atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan satuan pendidikan sesuai kompetensi Standar Nasional Pendidikan. Lebih lanjut dijelaskannya, saat ini Balikpapan tercatat ada sekitar 11 ribu siswa di tingkat SD yang akan mengikuti ujian sekolah tahun ini, dengan dengan total 186 sekolah.

"Senin ini (9 Maret) mereka (siswa SD) sudah mulai melaksanakan ujian akhir semester di masing-masing sekolah," pungkasnya.

Topik:

Berita Terkini Lainnya