Comscore Tracker

Pertama Kalinya, Momen Bersejarah Upacara 17 Agustus di IKN Nusantara 

Tak melulu soal groundbreaking, pembangunan tetap berjalan

Balikpapan, IDN Times - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022 nanti, rencananya akan ada kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Meski tak begitu besar, namun momen peringatan tersebut menjadi tanda kesiapan negara dalam membangun IKN. 

"Tak begitu besar, nanti akan dilakukan oleh seluruh pekerja konstruksi yang bekerja dalam pembangunan IKN ini," ujar Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN Sidik Purnomo, Senin (15/8/2022).

1. Akan diadakan upacara bendera 17 Agustus di IKN

Pertama Kalinya, Momen Bersejarah Upacara 17 Agustus di IKN Nusantara ilustrasi bendera Indonesia (IDN Times/Aldila Muharma)

Dalam kegiatan tersebut, kata Sidik, pihaknya sedang mempersiapkan agar Kepala Otorita IKN dapat memimpin jalannya upacara tersebut. Pun sebagai kesempatan Kepala Otorita untuk memonitor perkembangan pembangunan pusat pemerintahan negara tersebut. 

"Nanti ya di tanggal 17 Agustus. Insya Allah, Kepala Otorita sedang kami jadwalkan (hadir)," terangnya.

Baca Juga: Kota Balikpapan dan Bontang Berstatus Zona Merah Pandemik COVID-19

2. Presiden Jokowi pantau pembangunan secara berkala

Pertama Kalinya, Momen Bersejarah Upacara 17 Agustus di IKN Nusantara Sejumlah pekerja menyelesaikan lahan yang akan menjadi lokasi Presiden Joko Widodo berkemah di titik nol kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Saat ditanya soal rencana kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk kegiatan groundbreaking, Sidik mengaku sampai saat ini belum menerima kabar tersebut dari Sekretariat Presiden.

Hanya saja dirinya menegaskan, jika Presiden Jokowi sudah menyatakan akan memantau pembangunan IKN secara berkala. 

"Pemahaman kami seperti apa yang telah diberitakan bahwa beliau kan memang akan memantau perkembangan IKN itu saja," tuturnya.

3. Fokus pembangunan IKN saja

Pertama Kalinya, Momen Bersejarah Upacara 17 Agustus di IKN Nusantara Sejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Sementara soal kunjungan groundbreaking itu, Sidik mengatakan, bahwa Presiden Jokowi sejak awal tak begitu memerhatikan soal peletakan batu pertama tersebut. 

"Karena memang yang terpenting bagi beliau ya progres pembangunannya. Percuma jika groundbreaking tapi pembangunan tidak berjalan," jelasnya. 

Maka itu persoalan peletakan batu pertama sebagai bukti awal pembangunan IKN yang sempat digemborkan di Agustus ini belum dapat dipastikan oleh tim Otorita.

Baca Juga: Polisi di Balikpapan Ungkap Penimbunan 520 Liter Solar Subsidi 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya