Tak Mau Kalah, Ibu-Ibu Ini Melenggang Elegan di Zebra Cross Balikpapan

Dapat dukungan dari DPRD Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Fenomena Citayam Fashion Week atau CFW kini mulai merambah ke beberapa daerah di Indonesia. Termasuk di Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim).

Baru kemarin, viral empat orang ibu-ibu melenggang bak model dengan baju berwarna biru cerah nan nyentrik di area penyeberangan atau zebra cross di kawasan Simpang Empat traffic light Kompleks Perumahan Elite Balikpapan Baru. 

Video mereka langsung viral di media sosial dan menjadi pro kontra di kalangan warganet.

1. Ingin naikkan nama Kota Balikpapan

Tak Mau Kalah, Ibu-Ibu Ini Melenggang Elegan di Zebra Cross Balikpapanid.pinterest.com

Ani, salah satu dari ibu-ibu yang berjalan di penyeberangan dengan penuh gaya itu menjelaskan alasan mereka mengikuti fenomena CFW yang lagi ngetren.  Kata dia, Balikpapan yang dikenal sebagai salah satu kota besar di Kaltim ini, sebenarnya memiliki potensi untuk memamerkan gaya fesyen masa kini.

Meski memang memanfaatkan kepopuleran CFW, namun wanita yang bergabung dalam Hijaber Community of Balikpapan (HCOB) ini menyebut Balikpapan juga boleh melakukannya.

“Boleh dong untuk menghidupkan Balikpapan, agar Balikpapan bisa seperti kota metropolitan, tapi kami prioritaskan keselamatan. Tidak membuat macet juga,” ujarnya kepada awak media.

Ia juga mengatakan, pemilihan lokasi di kawasan Balikpapan Baru juga merupakan hasil survei pihaknya. Melihat dari minimnya kemacetan dan kecelakaan di sana.

Baca Juga: Lima Hari, Polisi Ungkap Dua kasus Peredaran Narkotika di Balikpapan 

2. Mendapat dukungan banyak pihak

Tak Mau Kalah, Ibu-Ibu Ini Melenggang Elegan di Zebra Cross BalikpapanInstagram/FernandoRandy

Soal peragaan busana di jalan ini, rupanya Ani dan kawan-kawan mendapat respons positif dari berbagai pihak. Dari para pejabat pemerintah hingga ibu-ibu lainnya, yang takjub dengan gaya mereka.

Bahkan kata Ani, beberapa komunitas yang ia tahu sudah mengagendakan untuk melakukan hal yang sama di titik lain di sudut Kota Minyak.

“Ada yang lain juga mau melakukannya di Lapangan Merdeka-Banua Patra, petinggi-petinggi juga menyampaikan, mereka bangga dengan adanya aku dan pertunjukkan kemarin,’’ tuturnya.

Fesyen juga, ujar Ani, tak hanya menaikkan nama Balikpapan tetapi dapat menonjolkan sisi lain kota ini di bidang pariwisata. Ada yang menarik dari itu, karena ingin ikut memeriahkan gaya CFW di Kota Beriman persiapan yang ia dan teman-temannya lakukan juga tak main-main.

Untuk outfit yang mereka kenakan, dari ujung kepala hingga kaki berharga jutaan rupiah. Keren banget, ya.

3. DPRD Balikpapan siap mendukung event fashion show

Tak Mau Kalah, Ibu-Ibu Ini Melenggang Elegan di Zebra Cross BalikpapanWakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono. Foto Humas DPRD Balikpapan

Adanya fashion on street di Balikpapan rupanya mendapat dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan.  Budiono, Wakil DPRD Balikpapan menyebut hal itu merupakan bagian dari kreasi dan inovasi dari masyarakat Balikpapan.

Melihat antusias itu, Budiono mengatakan kegiatan tersebut bisa difasilitasi dan dinaungi, dengan membentuk event fashion show.

“Kita kan ada ajangnya tuh di karnaval, tapi kan setahun sekali. Itu juga budaya. Nah kalau kegiatan ini bisa kita tangkap dan beri peluang dengan dibuatkan event,” jelasnya.

4. Lihat peluang dalam ajang fashion show

Tak Mau Kalah, Ibu-Ibu Ini Melenggang Elegan di Zebra Cross BalikpapanBalikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome (IDN Times/Mela Hapsari)

Untuk lokasi, Budiono memberikan saran agar lapangan Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome dapat dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut.

Bahkan Budiono melihat peluang bagus dengan menarik industri fesyen ini ke Dome. Selain memberikan pemasukan untuk UMKM juga bisa memberikan pemasukan bagi pendapatan asli daerah.

“Jadi bisa saja, nanti dibantu akomodir, kami buatkan tempatnya. Jadi kami dukung itu selagi itu positif. Tapi jangan di jalan ya, karena mengganggu ketertiban umum,” tutupnya.

Baca Juga: Viral Aksi Pengeroyokan Pelajar di Balikpapan, Polisi Panggil Pelaku

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya