IKN Dapat Hibah Instalasi Pengolah Air dari Korea Selatan 

Instalasi Pengelolaan Air berkapasitas 300 liter per detik

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Korea Selatan memberi hibah pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bendungan Sepaku-Semoi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Korea Selatan memberikan hibah tersebut melalui K-Water, badan usaha milik negara yang mengurusi hal air bersih.

“IPA ini berkapasitas 300 liter per detik,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti di IKN Nusantara, Sabtu (18/3/2023).

Dirjen Cipta Karya menjadi tuan rumah dari kunjungan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan Won Hee-ryong. K-Water akan segera membangun IPA tersebut di lokasi yang sudah ditentukan di komplek Bendungan Sepaku.

“Lokasinya di kawasan yang ditandai dengan bendera,” tunjuk Dirjen Diana ke sisi timur tenda acara.

1. Tanda persahabatan Indonesia-Korea

IKN Dapat Hibah Instalasi Pengolah Air dari Korea Selatan Sebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan Won Hee-ryong mengatakan telah melihat keseriusan dan kesungguhan Pemerintah Indonesia dalam membangun IKN.Antara lain ditunjukkan dengan memikirkan hingga detail hampir setiap hal yang berkenaan dengan IKN.

Tentang IPA yang akan dibangun dan dihibahkan untuk Indonesia tersebut, menurut Menteri Won, akan menjadi tanda eratnya persahabatan Indonesia dan Korea Selatan.

Baca Juga: Anggaran Pilkada 2024 Penajam Turun Rp8,4 miliar 

2. Data kebutuhan IKN

IKN Dapat Hibah Instalasi Pengolah Air dari Korea Selatan Prosesi tanah dan air Gentong Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto YouTube Biro Pers, Media Kepresidenan

Pemerintah Republik Korea Selatan juga menyatakan dukungan pada pembangunan IKN menjadi kota cerdas dengan teknologi canggih.

“Untuk upaya kolaborasi ini, Korea membutuhkan data dan informasi proyek IKN, juga koordinasi dan mendengar lebih lanjut apa saja kebutuhan dari IKN,” kata Menteri Won

Termasuk dalam kunjungannya ini, saat berada di Titik Nol IKN, meski Menteri Won memperhatikan bahwa cuaca yang panas di IKN dengan temperatur hingga 35 derajat Celsius saat itu yang  tampak tidak mempengaruhi para pekerja.

3. Berikan fasilitas untuk kenyamanan pekerja

IKN Dapat Hibah Instalasi Pengolah Air dari Korea Selatan Infografis kantor kepresidenan di IKN Nusantara. (liputan6.com)

Dia menawarkan apakah perlu diadakan semacam ruang penyejuk, dan sebagai perlengkapan personal, rompi khusus-penyejuk untuk dipakai para pekerja. Menurut Menteri Won, dua hal ini menjadi solusi untuk peningkatan produktivitas pekerja seperti terbukti pada pekerja Korea.

"Kita selalu terbuka untuk hal kemajuan dan peningkatan produktivitas dengan penyesuaian, bisa saja hal ruang atau rompi khusus itu dicoba," kata Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara, Achmad Jaka Santos Adiwijaya.

Baca Juga: PT ASDP Balikpapan Lakukan 'Ocean Clean Up Day' di Penajam

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya