Gunung-Gunung dengan Panorama Indah dan Menakjubkan di Kaltim

Ada gunung "perawan" yang jarang dikunjungi wisatawan

Samarinda, IDN Times - Pulau Kalimantan atau yang juga dikenal dengan nama Borneo ini sangat kaya akan pesona dan keindahannya. Pulau ini memiliki potensi yang sangat besar dari segi pariwisata dan alamnya. Tak sedikit warga dunia yang telah mengakui keindahan panorama alam yang ada di pulau Kalimantan ini. 

Memiliki luas wilayah mencapai hampir 130 ribu kilometer persegi, tentu saja pulau Kalimantan ini banyak memberikan keindahan dan kekayaan alamnya bagi para pengunjung. Berikut beberapa gunung yang dapat didaki oleh wisatawan saat berkunjung ke Kalimantan.

1. Gunung Liangpran

Gunung-Gunung dengan Panorama Indah dan Menakjubkan di KaltimGunung di Kalimantan Timur (google.com)

Gunung Liangpran berlokasi di Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur. Banyak pengunjung atau pendaki yang telah menaklukkan atau mencapai puncak gunung ini. 

Fakta dan Keindahan Gunung di Kalimantan Timur ini memiliki ketinggian 2.240 meter di atas permukaan laut ini menjadi gunung yang paling tinggi di Kalimantan Timur. Di pegunungan ini tersedia penginapan, jadi wisatawan tak perlu khawatir jika tidak membawa perlengkapan untuk berkemah.

2. Gunung Karst Sangkulirang

Gunung-Gunung dengan Panorama Indah dan Menakjubkan di KaltimGunung di Kalimantan Timur (google.com)

Gunung yang satu ini merupakan situs sejarah. Gunung Karst berada di Kalimantan Timur tepatnya di Kecamatan Sangkulirang. Dengan luas yang dimiliki yaitu 1,8 juta hektare, gunung ini terbentang dari Kabupaten Kutai Timur sampai Kabupaten Berau. 

Lokasi dari gunung ini dikelilingi oleh dinding-dinding terjal. Pegunungan ini memiliki fakta dan keindahan Gunung di Kalimantan Timur yaitu memiliki bentuk permukaan bumi yang berupa bukit kecil, cekungan, sungai dan juga terdapat gua. 

Gunung Karst pernah masuk dalam Anugerah Pesona Indonesia pada tahun 2017. Keindahan gunung ini membuat para pengunjung atau turis terkagum-kagum, apalagi terdapatnya gua bawah tanah dengan ukiran alam eksotis disertai perbukitan hijau.

Baca Juga: Samarinda sebagai Destinasi Wisata Internasional di Kaltim 

3. Gunung Lumut

Gunung-Gunung dengan Panorama Indah dan Menakjubkan di KaltimGunung di Kalimantan Timur (google.com)

Kabupaten Paser Kalimantan Timur lokasi dari Gunung Lumut berada. Di sekitar gunung lumut terdapat cabang-cabang sungai, gunung ini memiliki fakta dan keindahan Gunung di Kalimantan Timur yaitu termasuk dalam kawasan hutan lindung atau sering disebut hutan lindung gunung lumut. 

Di kawasan gunung ini terdapat hutan yang masih jarang dijamah oleh banyak orang. Hutan tersebut merupakan penyangga kehidupan bagi kampong-kampung yang berada disekitar. Gunung Lumut ini memiliki tinggi 1.210 meter dan luasnya sekitar 42rb hektare. 

4. Gunung Beriun

Gunung-Gunung dengan Panorama Indah dan Menakjubkan di KaltimGunung di Kalimantan Timur (google.com)

Gunung ini memiliki pepohonan yang rimbun dan memiliki kesejukan udara yang alami. Fakta dan keindahan Gunung di Kalimantan Timur yaitu  Gunung Beriun ini berbeda dengan gunung-gunung yang telah disebutkan sebelumnya, karena gunung ini masih termasuk gunung yang “perawan” atau dengan kata lain gunung ini masih sangat jarang dikunjungi oleh banyak orang.

Gunung yang terletak di Karangan Kutai Timur ini memiliki ketinggian 1.261 meter di atas permukaan laut. Anda bisa berwisata dan piknik bersama kerabat maupun keluarga walaupun tidak datang untuk mendaki gunung ini.

5. Gunung Embun

Gunung-Gunung dengan Panorama Indah dan Menakjubkan di KaltimGunung di Kalimantan Timur (google.com)

Gunung Embun tak kalah indahnya dengan gunung-gunung sebelumnya. Gunung ini memberikan suasana sejuk nan asri, dengan embun di pagi hari seolah menebar pesona keindahan yang tak dapat dimiliki di perkotaan. 

Gunung ini memiliki fakta dan keindahan Gunung di Kalimantan Timur yaitu berada di Kabupaten Paser Kalimantan Timur, tepatnya di Desa Luan Muara Samu. Pemandangan yang indah memanjakan mata pengunjung dari ketinggian gunung serta gumpalan awan yang mana menutupi pemukiman ketika waktu fajar.

Destinasi ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan darat. Namun pengunjung juga tetap harus berhati-hati dalam perjalanan dikarenakan harus menempuh jalan yang terjal dan licin. Walau begitu, tak sedikit orang yang ingin sekali berkunjung ke Gunung Embun yang satu ini.

Itulah beberapa gunung yang direkomendasikan untuk dikunjungi jika datang ke Kalimantan Timur. Jangn lupa melakukan persiapan matang sebelum melakukan pendakian, ya.

6. Gunung Aurbunak

Gunung-Gunung dengan Panorama Indah dan Menakjubkan di KaltimGunung Aurbunak di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Instagram akun tika_oktaviani97

Gunung Aurbunak dengan ketinggian 1.150 meter berada di  Desa Pa'au Kec. Aranio Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Gunung ini menjadi tempat pendakian para pencinta alam dan mahasiswa di Kalimantan Selatan. 

Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur lokasinya hampir berdekatan. 

Sebenarnya, Aurbunak bukanlah jenis gunung berapi dan ketinggiannya pun tidak terlalu ekstrem. Sehingga cukup ramah bagi mereka yang baru belajar tentang teknik-teknik dasar pendakian gunung. 

7. Gunung Beratus di Kutai Barat

Gunung-Gunung dengan Panorama Indah dan Menakjubkan di KaltimGunung Beratus di Kutai Barat Kalimantan Timur. Akun Instagram ria.setiawati2114

Gunung Beratus sangat indah tetapi terbilang jarang dikunjungi oleh para pendaki. Dengan ketinggian 1.244 meter, Gunung Beratus berada di Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur. 

Suasana masih asri dengan flora fauna endemik Kalimantan. 

 

Meskipun Kalimantan tidak ada gunung berapi, tetapi bukan lantas diartikan tidak ada gunung juga kan. Meskipun memang tidak terlalu tinggi, masih cukup lah untuk menyalurkan hobi pendakian kalian kan. 

Topik:

  • Linggauni
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya