Info Rute Taman Hutan Raya Bukit Soeharto

Wisata alam yang dekat dari Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Kawasan Bukit Soeharto ini dulunya adalah area tambang batu bara. Namun sekarang dijadikan sebagai Taman Hutan Raya Bukit Soeharto. Bukit Soeharto adalah taman hutan yang letaknya di Kota Balikpapan dan Samarinda. Penamaan sebagai taman hutan raya dengan menyandingkan nama dari presiden kedua ini tidak ada sebab alasan khusus.

Sebelum diakuisi sebagai taman hutan raya, dulunya dikuasai oleh RDR pada tahun 1982. Kemudian diserahkan kepada gubernur dan ditetapkan sebagai hutan lindung. Bisa menjadi rekomendasi bagi kalian yang menggemari wisata outdoor bersama keluarga. 

1. Rute Menuju ke Lokasi Bukit Soeharto

Kawasan hutan lindung ini berada di dua kabupaten di Kalimantan Timur. Sebagian kawasannya terpotong karena adanya jalan poros Samarinda-Balikpapan. Untuk kamu yang ingin menuju ke lokasi taman wisata hutan lindung Bukit Soeharto bisa ditempuh dengan jalur darat. Keberangkatan dari Samarinda memakan waktu kurang lebih 1.5 jam dan dari Balikpapan memakan waktu kurang lebih 45 menit saja.

Bukit Soeharto terletak di dua kabupaten yaitu Kutai Kartanegara dan Panajam Paser Utara (PPU) tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara tepat di Kecamatan Loa Janan dan Kabupaten Panajam Paser Utara tepat di Kecamatan Sepaku.

Luas lokasi kawasan hutan lindung kurang lebih 61.850 hektare. Taman raya hutan lindung ini menyimpan banyak flora dan fauna di dalamnya.

Baca Juga: Sisa-Sisa Kekejaman Jepang di Bukit Soeharto yang Meninggalkan Misteri

2. Berada di dekat Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Seperti kabar yang telah beredar sejak tahun 2019 lalu, bahwa Kalimantan Timur akan menjadi ibu kota negara Indonesia. Kalimantan Timur sebagai calon yang akan menggantikan Jakarta.

Hal itu ditandai dengan adanya kunjungan yang telah dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 7 Mei 2019. Jika memang akan benar-benar dipindahkan, kawasan taman hutan lindung akan semakin ramai kunjungan. Lokasinya masuk dalam kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Ekosistem di taman hutan raya yakni terdiri atas hutan campuran dipterocarpaceae dataran rendah. Selain itu juga hutan pantai, hutan kerangas, semak belukar hingga alang-alang. Di hutan lindung inilah terdapat kehidupan flora dan fauna, simak penjelasan berikut ini:

3. Flora Bukit Soeharto

Di kawasan taman hutan raya sekarang ini sudah banyak yang berubah sebagai ekosistem hutan tanaman. Hal itu lebih sebagai bentuk upaya rehabilitasi dengan berbagai macam jenis tanaman di hutan tersebut, di antaranya:

Acasia (Acasa mangium)
Sengon (Akbasia sp)
Mahoni (Sweitenia Mahagoni spp)
Flora asli dominasi Meranti (Shorea sp.)
Mahang (Macaranga Hypoleuca)
Ulin (Eusideraxylon zwageri)
Kayu arang ( Diospyros sp.)
Palaman (Iristania spp.)
Resak ( Vatica spp)
Bayur (Strerispermum spp)
Karet (Havea brasiliensis)
Gmelina (Gmelina arborea)
Rotan (Calamus sp)
Aren (Aengan catechu)
Ketapang (Terminalia catappa)
Fauna Taman Hutan Raya Bukit Soeharto

Tidak hanya flora yan mendominasi hutan lindung, namun juga terdapat beberapa fauna yang juga tinggal di bukit Soeharto. Ada beberapa fauna yang hidup di hutan lindung bukit Soeharto antara lain:

Orang utan (Pngo Pygmaeus) di fasilitas rehabislitasi Pusat Reintroduksi Orang Utan Wanariset Sambja
Beruang Madu (Helarctros Malayanus)
Landak (Hystrix brachyura)
Macan dahan (Neofelis nebulosa)
Owa-owa (Hylobates muelleri)
Kera ekor panjang (Macaca fascicularis)
Burung Enggang (Buceros rhinoceros)
Trenggiling (Manis javanica)
Tupai (Tupaia sp)
Rusa Sambar (Cervus unicolor)
Kuau Besar (Lophura sp.)
Babi hutan (Sus sp)
Biawak (Varanus Salvator)
Cucak Rawa (Pycnonotus zeylanicus)

Demikianlah beberapa uraian mengenai keberadaan Taman Hutan Raya Bukit Soeharto yang ada di Kalimantan Timur. Bukit Soeharto sebagai hutan lindung banyak menyimpan flora dan fauna langka.

Baca Juga: Pantai Monpera yang Bersejarah Perjuangan Warga Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya