Comscore Tracker

Ajaib! Bocah Ini Selamat dari Tubrukan Truk Maut di Balikpapan

Korban merupakan penumpang mobil Ayla warna merah

Balikpapan, IDN Times - Peristiwa ajaib terjadi dalam peristiwa kecelakaan maut di perempatan traffic light Mal Muara Rapak Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (21/1/2022). Seorang korban bernama Aska (4) berada dalam kondisi selamat tanpa kurang suatu apa. 

Padahal mobil Daihatsu Ayla merah nomor polisi KT 1887 NT ditumpanginya ringsek parah diterjang truk tronton lepas kontrol dari arah turunan Jalan Soekarno-Hatta. Dalam rekaman kamera CCTV Dinas Perhubungan Balikpapan tampak mobil tersebut terlempar ke udara dan jatuh puluhan meter dari tempat kejadian. 

"Saya dikabari kalau si Aska dirawat di Ibnu Sina, jadi saya langsung ke sini. Ternyata benar ada di sini. Alhamdulillah dia nggak apa-apa, luka ringan saja," kata keluarga korban ini, Afifah Nur Sadilah. 

1. Memperoleh informasi dari media sosial

Ajaib! Bocah Ini Selamat dari Tubrukan Truk Maut di BalikpapanAska bocah berumur 4 tahun yang selamat dari kecelakaan maut di perempatan traffic light Balikpapan Kaltim, Jumat (21/1/2022). Foto istimewa

Afifah mengaku memperoleh informasi peristiwa nahas tersebut dari media sosial. Ia pun dihubungi orangtuanya di Samarinda untuk memeriksa peristiwa kecelakaan terjadi di Balikpapan itu. 

"Dapat informasi awal kebetulan saya di kontrakan katanya ada kecelakaan di Rapak, akhirnya saya lihat video di sosial media. Terus saya dapat informasi dari orangtua saya di Samarinda untuk mengirim nomor polisi mobil M Yamin (korban), terus saya kaget kok ini om saya. Terus saya telepon orang tua saya langsung diminta cek benar-benar," ujarnya. 

Aska sendiri duduk di kursi penumpang bersama kedua orangtuanya bernama M Yamin dan Marwiyah. Kedua orangtua bocah malang ini dilaporkan dalam kondisi kritis dalam penanganan rumah sakit Kanujoso Djatiwibowo dan Beriman Balikpapan. 

Sementara Aska sendiri mendapat perawatan di Klinik Ibnu Sina Balikpapan.

Baca Juga: Sopir Truk Maut di Perempatan Balikpapan Baru Jadi Tersangka

2. Aska dalam kondisi sehat

Ajaib! Bocah Ini Selamat dari Tubrukan Truk Maut di BalikpapanMobil orangtua Aska Daihatsu Ayla warna merah yang ringsek ditubruk truk di Balikpapan Kaltim, Jumat (21/1/2022). Foto istimewa

Kondisi Aska sendiri dalam keadaan sehat. Meski sempat mengalami panas badan, pihak dokter Klinik Ibnu Sina Balikpapan telah memberikan obat penurun panas. Tetapi secara keseluruhan, kondisinya dilaporkan baik-baik saja. 

“Kondisi Aska sudah sehat dari awal sudah sehat, sudah ngobrol seperti biasa, cuman sempat ngelantur ngobrol ke sana kemarin, saat ini kondisi badanya hangat, kita sudah ngasih obat, keluarganya juga sudah datang dari Samarinda,” terang Kepala Bidang Pelayanan Medis di Klinik Ibnu Sina Balikpapan Didik Hudayana.

Pihak Klinik Ibnu Sina sendiri masih menunggu Dinas Kesehatan Kota, Unit Perlindungan Perempuan dan Anak, dan kepolisian. Sebelum nantinya menyerahkan bocah ini kepada pihak keluarga. 

“Semua sudah datang tinggal penyerahannya saja,” sebutnya.

Klinik Ibnu Sina hanya menangani kecelakaan ringan atas nama Aska. Mereka hanya membantu mengevakuasi tujuh korban kecelakaan di mana salah seorang di antaranya adalah orangtua Aska. 

“Untuk korban di rawat di sini tidak ada, cuman kami membantu evakuasi korban ada 7 termasuk bapaknya Aska, ada yang kita evakuasi ke RSKD dan RS Beriman, semuanya luka parah,” tandasnya.

3. Olah TKP kecelakaan maut

Ajaib! Bocah Ini Selamat dari Tubrukan Truk Maut di BalikpapanKecelakaan maut di perempatan jalan di Mal Muara Rapak Balikpapan Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022). Foto istimewa

Polresta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) langsung menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut di perempatan traffic light Mal Muara Rapak, Jumat (21/1/2022) siang ini. Personel Satlantas dan Dishub Balikpapan terjun ke lokasi kejadian untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas. 

" Kami lihat dulu arus lalu lintasnya, karena ini kan harus diberhentikan seluruhnya," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Balikpapan Komisaris Pol Retno Ariani. 

Langkah awal, polisi melakukan evakuasi terhadap truk maut yang menabrak 20 kendaraan roda dua dan empat dalam kejadian ini. Evakuasi truk tronton bermuatan kontainer ini menggunakan mobil crane yang didatangkan Satlantas Polresta Balikpapan.

Evakuasi sendiri terlebih dulu memindahkan kontainer bermuatan kapur penjernih air dengan berat 20 ton ke truk tronton lainnya. Kemudian menderek truk tronton nahas itu ke Mako Polresta Balikpapan.

Sementara ini, dilaporkan terdapat empat korban meninggal dunia dan satu lagi dalam kondisi kritis. Sebanyak 17 orang lainnya juga mengalami luka-luka. 

Baca Juga: [BREAKING] Sopir Truk Laka Maut Diamankan, 5 Orang Dinyatakan Meninggal

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya