Bahan Pokok di Kaltim Dipastikan Aman selama Ramadan

Pemantauan rutin dilakukan di lokasi pasar

Samarinda, IDN Times - Ketersediaan bahan pokok di kota/kabupaten Kalimantan Timur (Kaltim) dipastikan aman selama bulan Ramadan 2022 ini. Dinas Pangan Tanamanan Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim bersama jajaran Kementerian Pertanian rutin memantau lapangan di Balikpapan dan Samarinda. 

Memastikan ketersediaan bahan pokok penting kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga menjelang hari raya Idul Fitri dan pascanya.

"Tempat yang dikunjungi yakni Kadivre Bulog Kaltimtara serta UPTD/Perusda Aneka Usaha Pasar Mitra Tani/Toko Tani Indonesia di Samarinda dan Balikpapan," kata Kepala DPTPH Siti Farisyah Yana dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (13/4/2022). 

1. Koordinasi Dinas Pangan Kaltim dan Kementerian Pertanian

DPTPH Kaltim bersama bersama Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Tommy Nugraha secara maraton menggelar pemantauan ketersediaan bahan pangan pokok langsung ke sejumlah pasar induk maupun retailer selama dua hari (8-9 April 2022).

Hasilnya, ujar Yana, sejumlah kebutuhan bahan pangan pokok seperti minyak goreng, daging, telur, ayam, bawang dan cabe di seluruh wilayah Kaltim terpantau aman.

"Dalam arti ketersediaan bahan pokok kita saat momentum bulan suci ini hingga lebaran, insyallah aman," tambahnya.

Baca Juga: Kabasarnas Berencana Tambah Perlengkapan Penunjang untuk SAR di Kaltim

2. Ketersediaan bahan pokok dipastikan ke sejumlah pihak

Bahan Pokok di Kaltim Dipastikan Aman selama RamadanANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Hal tersebut diakuinya, sudah dikonfirmasi langsung ke berbagai pihak di antaranya dinas/instansi terkait, distributor, pasar induk, Bulog sampai ke pedagang retail.

"Dan progres perkembangannya terus dipantau, sehingga tidak terjadi gejolak harga," ungkapnya.

Yana menambahkan kondisi pangan pokok cukup tersedia ini, dirinya berharap masyarakat tidak perlu melakukan panic buying atau membeli yang berlebihan, sehingga bisa memicu lonjakan harga.

"Ini penting terus menerus kami sampaikan agar masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan bahan pokoknya," pungkasnya. 

3. Pasokan daging sapi dan minyak goreng yang sempat langka di Kaltim

Bahan Pokok di Kaltim Dipastikan Aman selama RamadanIlustrasi minyak goreng (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Dalam catatan IDN Times, pasokan daging sapi segar dan minyak goreng sempat mengalami kelangkaan di Kaltim di bulan Ramadan ini. Harga daging pun sempat merangkak naik menjadi Rp170 ribu per kilogram dari biasanya berkisar Rp110 ribu - Rp135 ribu. 

Demikian pun harga minyak goreng bermerek yang menembus harga Rp45 ribu per liter dari biasanya hanya Rp27 ribu per liter.

Tetapi harga kedua bahan makanan secara perlahan mulai bergerak turun seiring pasokan yang normal. Pemprov Kaltim dan masing-masing pemerintah daerah rutin menggelar operasi pasar selama bulan Ramadan. 

Baca Juga: Zona Merah Pandemik COVID-19 di Kaltim Sudah Tak Ada

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya