Comscore Tracker

Gubernur Kaltim Beramah-tamah dengan Veteran dan Janda Pejuang

Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 77

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor beramah-tamah dengan veteran dan janda veteran di Pendopo Odah Etam, Kompleks Kantor Pemprov Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, Selasa 16 Agustus 2022.

Silaturahmi gubernur dengan para pejuang '45 dan keluarga pejuang di Kaltim dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.

 

"Semoga kita semua bisa terus mensyukuri atas nikmat kemerdekaan hasil perjuangan dan pengorbanan para pejuang dan veteran," kata Isran dalam sambutannya dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Semangat Gubernur Kaltim menyambut para pejuang

Isran mengawali sambutannya dengan pekikan 'Merdeka". Spontan disambut sebagian besar para veteran pejuang '45, janda dan keluarga veteran. Gubernur sedikit mengingatkan kembali bagaimana kondisi dan suasana di 77 tahun lalu, di kala rakyat Indonesia harus berjuang melawan penjajah demi kebebasan dan meraih kemerdekaan.

"Sulit kita membayangkan kondisi bangsa kita saat itu, bagaimana suasana rakyat Indonesia serba keterbatasan, tapi semangat juang untuk bebas mampu mengalahkan itu semua. Dan dapatlah kita merasakan kemerdekaan itu sekarang ini," ungkap mantan Bupati Kutai Timur ini menyemangati para veteran dan janda veteran Kaltim.

Bangsa yang besar menurut dia, bangsa yang bisa menghargai hasil perjuangan para pejuang dan pahlawannya dengan membangun bangsa mengisi kemerdekaan yang telah diraih. "Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas segala keikhlasan para veteran yang telah berjuang mempersembahkan kemerdekaan untuk kami, generasi penerus bangsa," paparnya. 

Baca Juga: Lapas Narkotika Samarinda Usulkan 1.036 Warga Binaan Dapat Remisi

2. Pembagian tiga fase para veteran

Gubernur Kaltim Beramah-tamah dengan Veteran dan Janda PejuangIlustrasi pejuang veteran bersiap ikut upacara hari kemerdekaan di Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto

Plt Ketua Dewan Harian Daerah '45 Provinsi Kaltim Muhammad Syah menyampaikan, veteran ada terbagi dalam tiga fase, yakni veteran perintis kemerdekaan tahun 1942-1945, veteran pejuang kemerdekaan 1945-1949 dan veteran pembela negara 1949 hingga saat ini.

"Dalam jiwa kami masih mengalir semangat juang melawan penjajah agresi dari negara luar dan tetap ingin ikut berkiprah membangun bangsa mengisi kemerdekaan NKRI," ujarnya.

Di kesempatan ini, Muhammad Syah atas nama veteran, janda veteran dan keluarga veteran menyampaikan apresiasi atas perhatian dan kepedulian Pemprov Kaltim di bawah kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi.

3. Penyerahan sembako kepada para veteran dan janda

Gubernur Kaltim Beramah-tamah dengan Veteran dan Janda PejuangIlustrasi pejuang. Instagram

Ramah-tamah dirangkai penyerahan sembako sebanyak 107 paket secara simbolis oleh Gubernur Isran Noor kepada Ketua Legiun Veteran '45 kabupaten dan kota. Juga, penyerahan kenang-kenangan buku "Pengabdian Seorang Pejabat TNI Generasi 45" oleh Plt Ketua DHD '45 Kaltim kepada Gubernur Isran Noor.

Hadir Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK, Pj Sekda Prov Kaltim Riza Indra Riadi, Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi dan jajaran Forkopimda Kaltim, Ketua DPD Legiun Veteran RI Kaltimtara Muhammad Amin Jama', pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim, Danlanal Balikpapan dan Danlanud Dhomber Balikpapan, tokoh masyarakat, pemuda dan pemuka agama.

Baca Juga: Pencuri Barang Korban Kecelakaan di Samarinda Menangis dan Minta Maaf

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya