Harga Daging Ayam Potong di PPU Naik 10 hingga 25 Persen 

Harga daging ayam PPU naik jadi Rp50 ribu per kg

Penajam, IDN Times - Harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) mencapai Rp50 ribu per kilogram. Harga daging ayam potong mengalami kenaikan Rp4 ribu-Rp10 ribu per kilogram atau 10 hingga 25 persen dari normalnya. 

"Biasanya, para pedagang menjual daging ayam potong berkisar Rp40 ribu sampai Rp46 ribu per kilogram," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) PPU Saidin dilaporkan Antara, Selasa (30/5/2023). 

1. Harga ayam potong di PPU dijual seharga Rp50 ribu per kg

Harga Daging Ayam Potong di PPU Naik 10 hingga 25 Persen Lapak ayam potong dan daging sapi di bilangan Jalan Hassanudin, Timika, Papua Tengah. (IDN Times/Endy Langobelen)

Dalam pantauan Saidin, menurutnya harga daging ayam potong saat ini dijual dengan harga Rp50 ribu per kilogram. Sebelumnya pedagang di sejumlah pasar tradisional di wilayah Kabupaten PPU menjual daging ayam potong atau broiler Rp40 ribu sampai Rp46 ribu per kilogram.

Kenaikan harga daging ayam potong tersebut disebabkan pasokan daging ayam broiler di Kabupaten PPU kurang, pasokan daging ayam potong sebagian besar dari luar daerah.

Ketersediaan daging ayam broiler, kata dia, mengandalkan pasokan daging ayam potong dari Kota Balikpapan.

Baca Juga: Bocah SD di PPU Jadi Korban Penganiayaan Ayah dan Ibu Tiri 

2. Kabupaten PPU bukan penghasil ayam broiler

Harga Daging Ayam Potong di PPU Naik 10 hingga 25 Persen Daging ayam mentah yang sudah dipotong-potong (Pexels.com/iStock

Kabupaten PPU bukan penghasil ayam broiler dan persediaan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga pasokan ayam potong sebagian besar masih tergantung daerah lain.

Peternakan ayam broiler terdata di Kabupaten PPU cukup banyak, tetapi sejumlah peternak telah melakukan kerja sama dengan pihak lain di luar daerah

"Hasil panen beberapa peternak ayam potong dijual kepada perusahaan di luar daerah karena sudah bekerja sama," ujarnya.

3. Kerja sama dengan pihak lain di luar daerah

Harga Daging Ayam Potong di PPU Naik 10 hingga 25 Persen ilustrasi daging ayam (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Kerja sama yang dijalin peternak ayam broiler dengan perusahaan atau pihak lain di luar daerah, sehingga ketika panen tidak dapat menjadi persediaan ayam potong untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

"Tapi dengan banyak peternak ayam broiler itu ada potensi harga ayam potong di pasar  tradisional dapat segera turun," ucap Saidin.

Baca Juga: Pemkab PPU Upayakan Pelatihan Kerja bagi Penyandang Disabilitas

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya