Comscore Tracker

KPK Sambangi Kantor DPRD Kaltim

Program pencegahan anti korupsi di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mendadak menyambangi Kantor DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (14/10/2021). Kunjungan di luar agenda resmi protokol Sekretariat DPRD Kaltim ini disambut langsung Gubernur Isran Noor dan Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. 

Hingga saat ini, baik gubernur maupun Ketua DPRD Kaltim belum memberikan keterangan apa pun dari hasil kunjungan KPK. Gubernur meninggalkan wartawan tanpa memberikan jawaban tentang maksud kunjungan ini. 

1. Kedatangan Ketua KPK disebut jalankan program pencegahan anti korupsi di Kaltim

KPK Sambangi Kantor DPRD KaltimKetua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri. (IDN Times/Nina)

Rombongan KPK dipimpin Ketua KPK Firli Bahuri memperoleh pengawalan ketat aparat kepolisian. Ia menyebut, kedatangannya adalah bagian dari menjalakan program pencegahan korupsi di bidang anggaran. 

Hal itu di maksud agar tujuan negara dalam kemasyarakatan dapat tercapai.

“Kami ke DPRD Kaltim bertujuan melakukan tindakan pencegahan dan itu sudah disampaikan kepada seluruh anggota DPRD di provinsi ini,“ ucap Firli saat keluar dari Gedung D DPRD Kaltim di Karang Paci Samarinda.

Firli mengingatkan, untuk mewujudkan tujuan negara itu bagian dari peran DPRD Kaltim dalam rangka pembuatan, penyusunan, perencanaan anggaran belanja yang kerja sama dengan pemerintah daerah.

Baca Juga: Pesawat Batik Air Gagal Terbang dari Bandara APT Pranoto Samarinda

2. Gubernur Kaltim enggan wawancara terkait kedatangan KPK ke daerahnya.

KPK Sambangi Kantor DPRD KaltimGubernur Kalimantan Timur Isran Noor. (IDN Times/Hilmansyah)

Setelah berlangsung kurang lebih 3 jam pertemuan di lantai 6 Gedung d DPRD Kaltim, Isran Noor berusaha menghindari awak media. Saat keluar dari Gedung D DPRD Kaltim, ia langsung menghindar dan menuju ke mobil dinas.

Ia hanya melambaikan tangan dan melempar senyumnya kepada awak media.

“Jangan diambil hati ya, nanti cepat tua,” kata Isran Noor sembari melempar lambaian tangannya kepada rombongan awak media yang sudah sedari pagi menunggu hasil dari pertemuan di Gedung D DPRD Kaltim pukul 08.30 Wita hingga pukul 10.30 Wita.

3. Ketua DPRD Kaltim pun tak bersuara

KPK Sambangi Kantor DPRD KaltimBimbingan teknis anti korupsi untuk masyarakat Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Ternyata, Ketua DPRd Kaltim Makmur HAPK pun langsung meninggalkan rombongan. Ia mengabaikan sejumlah media massa yang seharian menunggu hasil pertemuan ini. 

Seorang staf DPRD Kaltim menyampaikan, Ketua DPRD Kaltim masih memiliki agenda lain yang harus diikuti. 

Baca Juga: Unmul Samarinda Kembangkan Infrastruktur Kampus hingga Telan Rp624 M

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya