Pandemik COVID-19 Memuncak, Satpol PP Kaltim Patroli ke Fasilitas Umum

Melaksanakan instruksi Gubernur Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan patroli ke sejumlah fasilitas umum.  Pelaksanaan patroli ini didasari Instruksi Gubernur Kaltim No 14 Tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro untuk pengendalian penyebaran virus Corona.

"Samarinda sebagai ibu kota provinsi, Satpol PP Provinsi Kaltim dan Kota Samarinda secara bersama-sama melaksanakan kegiatan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes)," kata Kepala Satpol PP Kaltim Gede Yusa di akun Instagram resmi Pemprov Kaltim, Selasa (6/7/2021).

1. Satpol PP Kaltim koordinasi dengan Satpol PP kota/kabupaten

Pandemik COVID-19 Memuncak, Satpol PP Kaltim Patroli ke Fasilitas UmumPelanggan prokes terlihat adu mulut dengan petugas saat razia prokes penggunaan masker, Jumat (12/3/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Gede mengatakan, mereka berkoordinasi dengan personel Satpol PP masing-masing kota/kabupaten di Kaltim. Mereka berharap, para Satpol PP di daerah pun mengoptimalkan instruksi gubernur dalam menjaga penerapan PPKM Mikro di Kaltim.

Sasaran dalam patroli yaitu fasilitas umum seperti taman, pelabuhan dan terminal. Satpol PP akan mengingatkan masyarakat untuk disiplin menjalankan prokes dengan cara sopan dan humanis. Tak lupa, memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa saat ini penularan COVID-19 sudah mengkhawatirkan.

"Rumah sakit mulai penuh dengan pasien terkonfirmasi positif. Kita jangan sampai menjadi korban COVID-19 ," pesan Gede.

Baca Juga: Bupati Ngambek tentang COVID-19, Gubernur Kaltim Tak Ambil Tindakan

2. Patroli Satpol PP diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat

Pandemik COVID-19 Memuncak, Satpol PP Kaltim Patroli ke Fasilitas UmumProses vaksinasi COVID-19 di Balikpapan Kaltim, Selasa (2/3/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Gede berharap, dari kegiatan Satpol PP menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat bahwa COVID-19 betul ada dan bisa menyerang siapa saja tidak peduli anak kecil, dewasa maupun orang lanjut usia.  Faktanya kini, pandemik COVID sudah menyerang masyarakat usia anak-anak, dewasa, hingga orang tua.

"Semoga kita semua terlindungi dan mampu melewati situasi pandemi yang sedang melanda negara kita," tutup Gede.

3. Kondisi pandemik COVID-19 di Kaltim

Pandemik COVID-19 Memuncak, Satpol PP Kaltim Patroli ke Fasilitas UmumPara lansia penerima vaksinasi COVID-19 di Balikpapan Kaltim, Minggu (7/3/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Tren pandemik COVID-19 di Kaltim terus meroket gila-gilaan dalam sepekan ini. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Kaltim melaporkan jumlah pasien terpapar virus menembus angka 6.328 kasus atau naik 12 persen dibanding dua hari lalu sebanyak 5.668 kasus.

Ini update perkembangan kasus pandemik di provinsi ini, Senin (6/7/2021).

Kasus tertinggi COVID terjadi di Balikpapan dengan jumlah pasien mencapai 2.284 kasus atau naik 6 persen dari sebelumnya 2.160 kasus. Demikian Bontang yang mengalami lonjakan pasien menjadi 1.029 kasus atau naik 19 persen dari sebelumnya 865 kasus.

Baca Juga: Dampak IKN, Kaltim Optimis Pertumbuhan Ekonomi hingga 7 Persen

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya