Penumpang Kapal di Sungai Mahakam Rute Samarinda-Melak Naik Signifikan

Naik 40 persen dibandingkan hari sebelumnya

Samarinda, IDN Times - Komandan Dermaga Mahakam Ulu Sungai Kunjang Kota Samarinda Pabbenteng menerangkan bahwa jumlah penumpang jurusan Samarinda-Melak Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini naik signifikan jelang lebaran, sekitar 40 persen dibanding hari sebelumnya.

“Hari ini kapal angkutan sungai jurusan Samarinda-Melak naik menjadi 166 penumpang, dibanding yang sebelumnya 120 penumpang per kapal,” ujar Pabbenteng usai melepas keberangkatan KM Barokah 06 dan KM Berkat Hikmah A7 dilaporkan Antara di Samarinda, Rabu (19/4/2023).

1. Layanan KM Barokah tujuan Melak

Penumpang Kapal di Sungai Mahakam Rute Samarinda-Melak Naik SignifikanJembatan Samarinda di Sungai Mahakam. Instagram.com/bayuwirahadik

Ia menjabarkan, untuk KM  Barokah 06 tujuan Melak tercatat memuat 166 orang penumpang, tiga ton barang angkutan, dan 25 unit sepeda motor.

Sedangkan, untuk KM Berkat Hikmah A7 jurusan Samarinda-Long Bagun, mencatat muatan 90 orang penumpang, dua ton barang angkutan dan delapan unit sepeda motor.

“Untuk total keseluruhan penumpang kapal sungai yang berangkat dari Dermaga Samarinda Ulu Sungai Kunjang Kota Samarinda berjumlah 256 orang,” sebut Pabbenteng.

Lebih lanjut Pabbenteng menuturkan, jumlah ini masih bisa bertambah lagi ketika kapal tersebut singgah di Dermaga Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara.

Baca Juga: Bandara APT Pranoto Samarinda Siapkan 16 Extra Flight selama Lebaran

2. Layanan perahu Kapal Mahakam yang bersifat tradisional

Penumpang Kapal di Sungai Mahakam Rute Samarinda-Melak Naik SignifikanIlustrasi penumpang kapal pesiar. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Selain itu, Komandan Dermaga juga menambahkan, karena Kapal Mahakam ini masih bersifat tradisional sehingga penumpang masih bisa bertambah di sepanjang perjalanan.
 
Ia melaporkan seluruh tiket kapal sudah terjual habis hingga lebaran, baik itu kapal Samarinda menuju Kutai Barat maupun sebaliknya.
 
Kepada para penumpang agar membeli tiket tiga hari sebelum keberangkatan. Untuk harga tiket bervariasi, tiket Samarinda-Melak maupun sebaliknya untuk lantai satu per orang dihargai sekitar Rp200 ribu dan lantai dua sekitar Rp180 ribu.

3. Tarif tiket Samarinda-Mahakam Ulu

Penumpang Kapal di Sungai Mahakam Rute Samarinda-Melak Naik SignifikanIlustrasi kapal penumpang (IDN Times/Polres Selayar)

Sedangkan Samarinda - Mahakam Ulu tiket berkisar Rp450 ribu di lantai satu dan sekitar Rp390 ribu untuk lantai dua, sedangkan untuk motor dihargai sama dengan satu orang di lantai satu.
 
“Untuk arus penumpang kapal sungai yang tiba dari Melak ke Samarinda per hari ini sebanyak 134 orang dan kapal dari Mahakam Ulu sebanyak 84 orang, sehingga total penumpang yang tiba di Samarinda sebanyak 218 orang,” tutup Pabbenteng.

Baca Juga: Mobil Dinas di Samarinda Dilarang Digunakan untuk Mudik Lebaran 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya