Comscore Tracker

Perguruan Tinggi dalam Mendukung Peningkatan SDM di Kaltim

Kolaborasi antara pemerintahd aerah dan universitas

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menegaskan pemerintah daerah telah mengupayakan berbagai kebijakan dan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kalau ingin masyarakat kita sejahtera, maka pendidikan mereka harus terjamin dan itu harus kita wujudkan,” kata Gubernur Isran Noor saat wisuda Universitas Nahdlatul Ulama di Hotel Bumi Senyiur Samarinda dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Peningkatan kualitas SDM lewat sektor pendidikan

Di antaranya, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Kaltim mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui sektor pendidikan, mulai pendidikan tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Namun, diakuinya, untuk mewujudkan tujuan itu bukan semata tugas pemerintah, tetapi memerlukan kolaborasi dan dukungan berbagai pihak, salah satunya perguruan tinggi.

Baca Juga: Sehari, Lapas Narkotika Samarinda Gagalkan Dua Kali Penyelundupan Sabu

2. Perguruan tinggi mendukung program dan kebijakan pemerintah

Perguruan Tinggi dalam Mendukung Peningkatan SDM di KaltimIlustrasi kampus (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut orang nomor satu Benua Etam ini, peran perguruan tinggi sangat strategis mendukung program dan kebijakan yang dicanangkan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mahasiswa adalah kaum intelektual dengan keilmuannya harus diterapkan langsung ke masyarakat,” ungkapnya.

3. Program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek

Perguruan Tinggi dalam Mendukung Peningkatan SDM di KaltimIlustrasi mahasiswa (freepik)

Terlebih lagi ujarnya, sesuai Program Kampus Merdeka yang diluncurkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek, sekaligus pengabdian masyarakat.

“Di Kaltim ini ada banyak perguruan tinggi, mungkin puluhan bahkan tidak menutup kemungkinan ratusan. Ini harus bisa mendukung pemerintah mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas suami Hj Norbaiti ini. 

Baca Juga: Pelabuhan Samarinda Terapkan Layanan Online, Pantau Lalu Lintas Kapal

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya