Terima Konjen Jepang, Pemprov Kaltim Ingin Tingkatkan Kerja Sama

Penunjukan IKN Nusantara membawa dampak ekonomi

Samarinda, IDN Times - Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Riza Indra Riadi menerima kunjungan Konsulan Jenderal (Konjen) Jepang, Takeyama Kenichi di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu, (8/6/2022).

Riza dalam pertemuan singkat itu, mengharapkan kerja sama antara Pemprov Kaltim dengan Pemerintah Jepang yang saat ini sudah terjalin dapat lebih ditingkatkan dan diperkuat.

“Saya berharap kerja sama Kaltim dengan Jepang ini dapat meningkat dan semakin kuat,” tuturnya dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

Baca Juga: Wagub Kaltim Lakukan Kunjungan Kerja ke Wilayah Selatan

1. Keberadaan IKN Nusantara akan membawa dampak positif bagi Kaltim

Riza mengatakan, dipilihnya Kaltim sebagai ibu kota negara baru RI, akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di Kaltim tetapi juga wilayah lain di Kalimantan dan Sulawesi.

“Kita bersyukur tahun 2023, pemerintah pusat akan menganggarkan Rp30 triliun untuk pembangunan IKN,” ujar Riza.

Anggaran sebesar itu, menurut Riza, setara dengan tiga kali APBD Kaltim. Saat ini, Benua Etam masih dihadapkan dengan persoalan konektivitas antar wilayah dan infrastruktur jalan yang masih banyak mengalami kerusakan.

“Kita berharap kerja sama dengan Jepang dapat menyasar masalah ini, karena yang kita tahu bantuan Jepang banyak terfokus di wilayah Jawa saja," ungkapnya.

2. Silaturahmi Konjen Jepang dengan Pemprov Kaltim

Terima Konjen Jepang, Pemprov Kaltim Ingin Tingkatkan Kerja SamaRitual adat Paser PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Konjen Jepang, Takeyama Keninchi mengatakan, tujuan kunjungan ke Kaltim untuk bersilaturahmi dengan jajaran Pemprov Kaltim, karena dirinya baru beberapa bulan menjabat sebagai Konjen Jepang yang berkedudukan di Surabaya.

“Kami ingin bersilaturahmi dan memperkenalkan diri selaku Konjen baru kepada pejabat Kaltim, karena Kaltim adalah salah satu wilayah kerja kami," ujar Takeyama.

Selain itu, Takeyama akan menghadiri Peresmian IGD Puskesmas di Long Kali, Kabupaten Paser, yang merupakan bantuan hibah Pemerintah Jepang untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di bidang kesehatan.

Baca Juga: Pentingnya Gugus Tugas Pengendalian Penyakit Ikan di Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya