Gagal Kabur, Pencuri Motor Ini Ajak Polisi Adu Jotos

Pelaku pencurian terkenal licin dan pernah dipenjara

Balikpapan, IDN Times – Pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), Asrul alias Aco (25), diringkus jajaran Polsek Balikpapan Barat, beberapa hari lalu. Namun, saat akan ditangkap, Aco menantang polisi adu jotos.

Kepala Polsek Balikpapan Barat, Kompol Imam Tauhid mengatakan, pada akhir tahun lalu, pihaknya menerima laporan kehilangan sepeda motor. Yang melaporkan adalah Arjat, warga Gang Tiga, Jalan Pandan Arum, Nomor 40,  RT 32, Kelurahan Marga Sari, Balikpapan Barat.

1. Pelaku seorang residivis, pernah curi aki dan kayu ulin

Gagal Kabur, Pencuri Motor Ini Ajak Polisi Adu JotosKepala Polsek Balikpapan Barat, Kompol Imam Tauhid. (IDN Times/Surya Aditya)

Kepada polisi, Arjat menceritakan kronologis sepeda motornya hilang. Pada sore, 20 Desember 2019, ia memarkirkan sepeda motornya jenis Yamaha Mio Soul hitam di depan rumahnya. Namun dia lupa mengambi kunci kontak sepeda motornya.  

Setelah menerima laporan tersebut, Polsek Balikpapan segera menggelar penyelidikan di lokasi kejadian. Hasilnya, terungkap, kendaraan roda dua bernopol KT 2951 ZT milik Arjat hilang karena dicuri. Polisi pun tak kesulitan mengungkap identitas penjahat kendaraan ini. Sebab, pelakunya adalah seorang residivis.

“Pelakunya adalah Asrul alias Aco, dia sudah pernah ditahan karena mencuri aki dan kayu ulin,” ungkap Imam saat dikonfirmasi pada Kamis (13/2).

2. Empat kali polisi kecolongan, tersangka loncat ke laut

Gagal Kabur, Pencuri Motor Ini Ajak Polisi Adu JotosAsrul alias Aco bersama sepeda motor curiannya. (Sumber: Polsek Balikpapan Barat)

Berhasil mengantongi ciri-ciri pelaku, polisi bergegas memburu Aco. Namun tak mudah menangkap pria bertubuh kurus ini. Bak menangkap seekor belut di dalam lumpur, Aco pandai mengelabui petugas.

Kata Imam, jajarannya empat kali mengendus keberadaan Aco di perkampungan atas air kawasan Kelurahan Baru Ulu, Balikpapan Barat. Namun, saat akan ditangkap, Aco berhasil kabur dengan melompat ke laut.

“Ya, beberapa kali pelaku kabur dan lolos dari pengejaran petugas, karena setiap pengejaran pelaku melompat ke laut,” cerita perwira melati satu di pundak itu.

3. Pelaku curnamor yang terancam ajak polisi adu jotos

Gagal Kabur, Pencuri Motor Ini Ajak Polisi Adu JotosKompol Imam Tauhid mendapamingi Asrul alias Aco, pelaku pencurian sepeda motor. (Sumber: Polsek Balikpapan Barat)

Namun petugas pantang menyerah. Informasi mengenai keberadaan Aco kembali didapatkan. Ia kerap singgah istirahat di sebuah rumah di daerah Jalan Jumpi, Baru Ulu. Agar tak kecolongan lagi, strategi penangkapan dimatangkan. Polisi akan mengepung kawasan Jumpi, Balikpapan Barat, sebelum Aco datang.

Informasi yang didapatkan pun tak meleset. Pada Sabtu (8/2) malam, Aco terpantau berada di Jumpi. Persisnya di depan gang kecil tanpa nama. Petugas yang siaga langsung meringkus Aco di pinggir jalan.

Namun bukan tanpa perlawanan. Saat hendak ditangkap, Aco berniat kabur. Dia lantas mengajak polisi adu jotos. Namun tantangan ini tak dihiraukan polisi. Tanpa kesulitan, petugas berhasil meringkus Aco tepat di hari ke-50 pelariannya.

“Pelaku berhasil kami amankan beserta barang bukti kendaraan roda dua Yamaha Mio Soul yang sudah diganti pelat nomor motornya oleh pelaku,” tandas Kapolsek Balikpapan Barat.

Usai ditangkap, Aco digelandang petugas ke Mapolsek Balikpapan Barat guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Di sana dia juga meringkuk di sel tahanan. Akibat perbuatannya, Aco dijerat Pasal 363 KUHP, tentang pencurian, dengan ancaman di atas lima tahun penjara.

Topik:

Berita Terkini Lainnya