Antispasi Virus Corona, Akses Menuju Samarinda Bakal Ditutup Sementara

Pejabat juga dilarang keluar malam selain berobat

Samarinda, IDN Times – Mengikuti langkah Balikpapan yang melakukan pengetatan sosial, dalam waktu dekat Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda bakal menutup akses dari dan menuju Balikpapan. Langkah tegas itu diambil demi mencegah penyebaran virus corona.

Maklum saja saat ini Kota Beriman—sebutan lain Balikpapan—punya 11 pasien positif virus corona. Jumlah itu terbanyak dibanding 9 kabupaten/kota lainnya di Kaltim. Bahkan, salah satu pasiennya mengembuskan napas terakhirnya karena virus corona.

“Bukan lockdown (karantina wilayah), kami hanya berlakukan penutupan jalur terbatas dan juga jam malam. Ini upaya menyelamatkan masyarakat Samarinda,” ucap Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang dalam keterangan pers yang diterima IDN Times pada Selasa (31/3).

1. Akses Samarinda menuju Balikpapan bakal ditutup sementara

Antispasi Virus Corona, Akses Menuju Samarinda Bakal Ditutup SementaraGerbang Tol Samboja, Tol Balsam (IDN Times/Mela Hapsari)

Adapun situasi penyebaran virus corona di Ibu Kota Provinsi Kaltim saat ini, hanya mengisolasi 1 pasien positif virus corona di RSUD Abdul Wahab Sjahranie.

Sementara untuk pasien dalam pengawasan (PDP) tiga orang. Namun, untuk orang dalam pantauan (ODP), jumlahnya ada 538 kasus. Jadi wajar bila Jaang mengambil tindakan tersebut.

“Segera kami berlakukan, Pak Sekda (Sekkot Samarinda Sugeng Chairuddin) sudah menelpon langsung Sekda Balikpapan (Sekkot Balikpapan Sayid M Fadli) untuk koordinasi sekaligus meminta maaf menutup akses ke Balikpapan,” tegas Jaang.

Baca Juga: Pengetatan Sosial, 7 Ruas Jalan di Balikpapan Ditutup Mulai Hari Ini 

2. Setiap jalur yang ditutup bakal dijaga ketat oleh polisi dan tentara

Antispasi Virus Corona, Akses Menuju Samarinda Bakal Ditutup SementaraPesawat parkir di Bandara APT Pranoto Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Lebih lanjut dijelaskannya, ada tiga jalur yang ditutup meliputi akses darat dan air. Detailnya, jalan menuju Balikpapan lewat tol dan dari arah Loa Janan, Samarinda Seberang.

Sementara akses penumpang untuk jalur Sungai Mahakam juga demikian. Nantinya ada petugas gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, serta Satpol PP yang berjaga.

Lalu bagaimana dengan akses udara?

“Semua opsi penutupan masih dikaji. Kami juga mempertimbangkan membatasi beberapa jalur penerbangan menuju Samarinda. Misalnya saja dari Jakarta,” terangnya.

3. Wali Kota Jaang juga larang pejabat keluar malam kecuali berobat

Antispasi Virus Corona, Akses Menuju Samarinda Bakal Ditutup SementaraIlustrasi pelabuhan (ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar)

Jaang menyebut, kebijakan ini hanya berlaku bagi kendaraan pribadi dan angkutan orang seperti bus.

Sedangkan, pengangkut barang dan keperluan logistik medis tentu boleh melintas. Pun demikian dengan pelabuhan bongkar muat di pelabuhan, awak kapal tidak diperbolehkan turun ke darat.

Terakhir, terkait jam malam hanya berlaku di sejumlah jalan protokol dan mulai pukul 19.00 Wita tak diperkenankan berkegiatan.

“Tidak ada yang boleh keluar termasuk pejabat. Kecuali untuk berobat,” pungkasnya.

Baca Juga: Tiga Tersangka Pembunuhan di Eks Lokalisasi Samarinda Diringkus Polisi

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya