Ribuan Perusahaan Tambang di Kaltim Belum Memberi Bantuan COVID-19

Awang Faroek sebut bantuan tak jelas ke mana

Samarinda, IDN Times – Ribuan perusahaan tambang batu bara serta minyak dan gas yang beroperasi di Kaltim, diminta memberi bantuan kepada warga terdampak virus corona atau COVID-19 di Benua Etam. Namun harapan itu belum bisa terpenuhi maksimal.

“Ada 4.001 (perusahaan) terdaftar secara resmi, tapi banyak yang beralasan telah membantu di pusat,” ucap anggota DPR RI dari Komisi VII, Awang Faroek Ishak saat mengantar bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan vitamin ke Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltim pada Rabu (6/5) di Kegubernuran Kaltim.

1. Sejumlah perusahaan besar bahkan tak jelas menyalurkan bantuan ke mana

Ribuan Perusahaan Tambang di Kaltim Belum Memberi Bantuan COVID-19Ilustrasi APD (IDN Times/Candra Irawan)

Disambut Gubernur Kaltim Isran Noor, mantan Bupati Kutai Timur itu kembali menegaskan beberapa perusahaan besar di Kaltim bahkan tak jelas menyerahkan bantuannya ke mana.

“Ini bisa di cek,” pintanya.

Bantuan yang diserahkan Awang memang tak sedikit. Dari daftarnya bisa terlihat, sebanyak 200 masker N95, 200 sepatu pelindung, 300 pelindung kepala, 50 kacamata pelindung, 2.000 masker medis, 20 kotak ragam vitamin, 100 pakaian hazmat dan 1.000 masker kain. Sumbangan ini bakal diberikan kepada tenaga medis.

Baca Juga: Pemprov Kaltim Terima Bantuan 4.950 Baju Hazmat dari Kemenkes

2. Sumbangan diberikan kepada tenaga medis dan rumah sakit rujukan COVID-19 di Kaltim

Ribuan Perusahaan Tambang di Kaltim Belum Memberi Bantuan COVID-19Gubernur Kaltim Isran Noor saat menerima batuan dari anggota DPR Awang Faroek (IDN Times/Yuda Almrerio)

Sementara itu, Gubernur Isran berharap bantuan Awang Faroek ini juga diikuti yang lain. Sebab pemenuhan kebutuhan bagi tenaga medis begitu penting. Merekalah garda terdepan hadapi virus corona. Dan sumbangan ini bentuknya pribadi bukan Komisi VII DPR RI.

“Akan kami distribusikan ke rumah sakit rujukan ataupun ke petugas medis di Kaltim,” sebutnya.

3. Semua perusahaan sudah diimbau memberikan bantuan bagi warga terdampak COVID-19

Ribuan Perusahaan Tambang di Kaltim Belum Memberi Bantuan COVID-19Gubernur Kaltim Isran Noor saat menerima batuan dari anggota DPR Awang Faroek (IDN Times/Yuda Almrerio)

Dia menambahkan, pihaknya telah berkirim surat ke sejumlah perusahaan untuk meminta mereka memberikan bantuan. Semua perusahaan, mulai dari tambang (migas dan batu bara), perkebunan, kontraktor termasuk toko-toko.

“Tapi ini sifatnya imbauan saja, bukan kewajiban,” pungkasnya.

Baca Juga: Alat PCR di RS Pertamina Balikpapan Belum Bisa Digunakan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya