Comscore Tracker

Fakta-fakta Menarik Tentang Danau Labuan Cermin di Kaltim

Unik, ada air asin dan air tawar dalam satu danau

Berau, IDN Times - Danau Labuan Cermin adalah salah satu obje wisata alam yang berlokasi di Desa Labuan Kelambu Kecamatan Biduk-Bidu Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Wisata alam Danau Labuan Cermin dikelola oleh masyarakat daerah setempat dengan bekerja sama oleh Lembaga Masyarakat Labuan Cermin.

Danau Labuan Cermin memiliki keunikan di mana rasa air pada danau ini yaitu asin dan tawar. Terdapat rasa asin di bagian dasar danau, dan rasa tawar di permukaan air danau. Fenomena yang terjadi disebut sebagai Meromictic lake.

1. Asal-usul nama labuan cermin

Fakta-fakta Menarik Tentang Danau Labuan Cermin di Kaltimbataritours.com

Pemberian nama Danau Labuan Cermin bukan tanpa alasan. Salah satu alasan pemberian nama Danau Labuan Cermin karena danau cantik ini  berlokasi di Desa Labuan Kelambu. Sehingga masyarakat setempat memberikan nama danau berdasarkan inisiatif nama desa. Sedangkan nama cermin diambil karena danau ini memiliki air yang jernih seperti memantulkan bayangan cermin ketika sedang berkaca.

Apalagi saat cuaca cerah dengan matahari bersinar terang, maka seluruh bagian Danau Labuan Cermin akan terlihat sangat jelas. Pantulan matahari akan membuat Danau Labuan Cermin seolah-olah seperti cermin.

Beningnya air di Danau Labuan Cermin dapat dilihat dengan jelas sehingga hewan air, biodata laut atau hewan lainnya dapat diamati ketika berada di danau ini. Berbagai kehidupan Danau Labuan Cermin menjadi nilai kecantikan yang dapat menarik banyak wisatawan untuk berkunjung seperti ikan-ikan kecil, terumbu karang, ubur-ubur, lumut, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Hamdan, Wakil Bupati PPU yang Pernah Jadi Konsultan Manajeman Teknik

2. Panorama labuan cermin

Fakta-fakta Menarik Tentang Danau Labuan Cermin di Kaltiminstagram/@kelilingindonesia

Ketika berkunjungi ke Danau Labuan Cermin, selain menikmati keindahan danau, wisatawan dapat melihat pohon tropis yang tumbuh rimbun di sekeliling Danau Labuan Cermin. Pulau Kalimantan memang terkenal dengan kawasan persebaran hutan tropis termasuk di wilayah sekitar Danau Labuan Cermin. 

Para wisatawan dapat memanfaatkan kegiatan penjelajahan hutan tropis di sekitar danau untuk melihat berbagai jenis flora dan fauna khas Pulau Kalimantan. Dengan adanya perpaduan hutan tropis yang rimbun dengan Danau Labuan Cermin yang sangat jernih, sangat cocok bagi Anda yang menyukai kegiatan Photografi.

Tentunya datang ke Danau Labuan Cermin untuk menikmati kegiatan wisata air, terutama jika mengetahui bahwa air di danau ini memiliki dua jenis rasa, sehingga biota laut akan sangat beragam. Banyak kegiatan wisata air yang dilakukan di Danau Labuan Cermin seperti snorkling,  berenang, diving, atau menyewa perahu untuk sekedar berkeliling di kawasan danau.

Karena danau ini memiliki air yang jernih dan membuat penampakan danau seperti cermin, tentunya akan menyebabkan ilusi terkait kedalaman Danau Labuan Cermin. Perlu diketahui bahwa danau ini memiliki kedalaman 4 sampai 5 meter.

3. Harga tiket dan rute

Fakta-fakta Menarik Tentang Danau Labuan Cermin di KaltimInstagram.com/onta.apps

Kelebihan yang dimiliki oleh Danau Labuan Cermin adalah bahwa wisata ini tidak menarik biaya tiket masuk atau bisa dikatakan free. Wisatawan tIdak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan kegiatan wisata di Danau Labuan Cermin, hanya saja perlu disiapkan dana transportasi atau penyewaan alat-alat diving, snorkling atau kegiatan lainnya jika berkunjung ke danau ini.

Wisatawan yang berasal dari luar wilayah Kalimantan Timur perlu membeli tiket penerbangan menuju Tanjung Redeb. Tanjung Redeb adalah bandara yang terletak tidak jauh dari lokasi Danau Labuan Cermin. 

Setelah berada di Tanjung Redep, para wisatawan dapat menempuh perjalanan menuju Desa Biduk-Biduk dengan waktu tempuh 6-8 jam, kemudian dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kapal menuju Desa Labuan Kelambu sebagai lokasi Danau Labuan Cermin.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Alam di Berau yang Keindahannya Diakui Dunia

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya