Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah Pandemik

Tunggu pandemik selesai, ya!

Penajam Paser Utara (PPU) menjadi daerah termuda di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Keistimewaan yang masih jarang digarap dengan maksimal adalah tempat wisatanya yang menghadirkan euforia baru yang berbeda dari suasana perkotaan.

Bagi kamu yang mendambakan suasana sunyi nan hening wisata alam masih perawan, Penajam adalah jawabannya. 

Ini lah 10 tempat wisata di Penajam yang bisa kamu sambangi setelah pandemik COVID-19. 

1. Pantai Corong

10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah PandemikWartawisata.id/Pantai Corong

Pantai Corong cocok bagi kamu yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga. Selain mata yang akan dimanjakan oleh pemandangan lautnya, di sini kamu juga dapat melihat beragam festival kebudayaan layang-layang yang udah go internasional, lho!

Lokasi pantai ini berada di Tj Tengah Kec Penajam Kab. Penajam Paser Utara.

2. Penangkaran rusa Penajam

10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah PandemikTravel.dream.co.id/Penangkaran Rusa Penajam

Penangkaran rusa Penajam merupakan daerah konservasi fauna di Penajam yang dibuka untuk publik. Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang sedang menikmati liburan bersama keluarga. 

Kamu bisa turut mengajak anak-anak ke sini karena wilayah ini memperbolehkan pengunjung untuk langsung berinteraksi dengan rusa-rusanya.  Seperti aktivitas memberi makan, menyentuh, berfoto, dan sebagainya.

Lokasi tempat ini berada di Api-Api Kec Waru Kab Penajam Paser Utara.

3. Air Terjun Rimbawan

10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah Pandemikcelebes.co/Air Terjun Rimbawan

Panorama alam yang satu ini tidak diragukan lagi keindahannya. Tempat wisata di Penajam yang satu ini menyuguhi berbagai penampakan alam sejauh mata memandang.

Fakta menariknya, saat tiba di sini kamu akan segera melupakan kepenatan selama perjalanan karena pemandangan yang memikat. Lokasi air terjun ini berada di ITCI Kec Penajam Kab Penajam Paser Utara.

4. Mangrove Kampung Baru

10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah Pandemikibukotakita.com/Ecowisata Mangrove

Belum afdol ke Penajam jika belum menyambangi tempat wisata yang satu ini! Selain pesona alamnya yang membius, tempat ini juga memperbolehkan kamu untuk bercengkerama dengan berbagai fauna yang berlalu-lalang di kawasan tersebut.

Keberadaan tempat ini akan mengajarkan kamu arti penting dari memelihara kelestarian alam yang sudah mulai langka. Lokasi tempat wisata ini berada di Kp Baru Kec Penajam Kab Penajam Paser Utara.

5. Taman Bunga Rozaline

10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah Pandemikcelebes.co/Taman Bunga Rozaline

Tempat wisata berikutnya adalah Taman Bunga Rozaline. Terdengar biasa, namun taman ini menyimpan keistimewaannya tersendiri. Taman bunga ini menghamparkan pelataran yang ditanami beragam jenis bunga hingga panoramanya semakin bersemi dan warna-warni.

Bohong kalau kamu nggak terpikat! Lokasi taman bunga ini berada di Nipah-Nipah Kec Penajam Kab Penajam Paser Utara.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat Lain

6. Pantai Tanjung Jumlai

10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah PandemikPantai Tanjung Jumlai, Kabupaten Penajam Paser Utara (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Meskipun bertemakan pantai, tempat ini menjadi salah satu pusat wisata kuliner yang paling menjadi sorotan masyarakat. Ditambah, tempat ini menawarkan spot sunset bagi kamu yang mau menikmati sunset sembari kulineran.

Jadi, emang perfect match banget, ya! Lokasi pantai ini berada di Petung Kec Penajam Kab Penajam Paser Utara.

7. Nipah-Nipah Beach

10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah PandemikPantai Nipah-Nipah (tripadvisor.com)

Penajam  bagian utara memang didominasi oleh dataran rendah sehingga destinasi pantai lagi-lagi menjadi favorit. Apa yang berkesan dari Nipah-Nipah Beach?

Kamu dapat mendengar suara gemuruh ombak yang riuh dan juga menikmati angin sepoi-sepoi yang bertiup. Tempat ini juga sangat family-friendly, loh! 

Banyak juga wisatawan yang mengajak keluarga untuk berwisata di sini. Lokasi tempat ini berada di Jl. Coastal Road Kec Penajam Kab Penajam Paser Utara.

8. Pulau Gusung

10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah PandemikTerumbu karang pulau gusung (Instagram.com/john_robbin29)

Tempat wisata di  Penajam berikutnya adalah Pulau Gusung. Bagi kamu yang hobi hunting foto, latar di pulau ini tak boleh terlewatkan. Foto yang diabadikan di tempat ini tidak pernah mengecewakan karena dipercantik oleh jernihnya air laut dan warna langit yang biru.

Kamu tentunya akan terbelalak dan membisu karena pesonanya. Lokasi pulau ini berada di Tj Jumlai Kec Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara.

9. Air Terjun Niagara Tembinus

10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah PandemikAir Terjun Tembinus (Instagram.com/@nicolassaputra25)

Air terjun yang juga menjadi favorit wisatawan di Penajam ini menyimpan permata tersembunyi karena pemandangan alamnya yang berhasil melupakan kepenatanmu di perjalanan.

Panorama alamnya yang indah, suara gemercik air yang memberikan efek rileks sudah cukup memanjakan diri. Lokasi air terjun ini berada di Lokasi: Sepaku Kec Sepaku Kab Penajam Paser Utara.

10. Waduk Sesulu

10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah Pandemikibukotakita.com/Waduk Sesulu

Destinasi wisata di Penajam berikutnya adalah Waduk Sesulu. Waduk ini juga menampakkan pesona keindahan alam yang menjadi daya tarik masyarakat. Lokasi waduk ini berada di Gunung Batu Sesulu Kec Waru Kabupaten Penajam Paser Utara.

Itulah 10 tempat wisata di Penajam yang bisa kamu sambangi usai pandemik. Kamu tertarik dengan yang mana?

 

Penulis: Raisah Zakiah

Baca Juga: 10 Hotel di Bontang yang Terpopuler dan Ramah Kantong Wisatawan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya