Comscore Tracker

Potret Pantai Kemala yang Berada di Pusat Kota Balikpapan

Aksesnya yang mudah dijangkau dari pusat kota

Balikpapan, IDN Times - Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) juga diketahui oleh orang-orang dengan sebutan Kota Beriman, terdapat pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan. Dan Kota Balikpapan ini menjadi kota terbesar nomor 2 di Kaltim. 

Dengan banyaknya sumber daya alam yang ada di kota ini, Kota Balikpapan menjadi sebuah kota industri yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.

Dikenal sebagai pulau yang sangat besar di Negara Indonesia dan juga berada di urutan 3 dunia, Pulau Kalimantan atau juga dikenal dengan sebutan Borneo ini memiliki banyak sekali potensi alam yang dapat dijelajahi. 

Pulau ini juga memiliki deretan wisata alam yang sangat indah, salah satu di antara banyaknya keindahan alam berada di Pantai Kemala yang terletak di Kota Balikpapan.

Pantai ini dikenal memiliki banyak potret terindah, yang tidak boleh dilewatkan oleh siapa pun yang singgah di kota Balikpapan ini. Potret-potret tersebut wajib dinikmati selagi mampir d sini. 

Berikut adalah potret terindah Pantai Kemala yang dapat anda nikmati ketika berada di kota Balikpapan. Silahkan disimak!

1. Akses yang mudah

Potret Pantai Kemala yang Berada di Pusat Kota BalikpapanPantai Kemala (instagram.com/uchulnarsus)

Seperti yang telah disebutkan tadi, tempat pariwisata kali ini ialah sebuah pantai di pesisir timur Pulau Kalimantan yaitu Pantai Kemala. 

Pantai ini berada di Jalan Sudirman Balikpapan, tak jauh dari perkotaan sehingga memiliki akses yang mudah untuk menikmati potret terindah Pantai Kemala.

Pantai ini memiliki nama lain yaitu Pantai Polda, dikarenakan pengelolaan pantai ini dipegang oleh Polda Kaltim. Lokasinya tepat di belakang rumah jabatan Kapolda Kaltim serta Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kaltim. 

2. Harga tiket masuk murah

Untuk bisa menikmati potret terindah Pantai Kemala, melalui keindahan panorama Pantai Kemala atau Polda ini. Para pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5 ribu  untuk 1 orangnya. 

Harga ini sangat  murah, tidak sebanding dengan  potret terindah Pantai Kemala yang akan anda nikmati nantinya.

3. Tugu Austraila

Selain panorama alam dari laut yang indah, Pantai Kemala ini menyimpan potret terindah  lainnya yaitu adanya Lapangan Merdeka dan Tugu Australia yang menjadi ikonis pantai ini.

Dapat dikunjungi oleh para pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai lain dari yang lainnya. 

Baca Juga: Air Terjun Batu Lapis di Kutai Timur  yang Konon Dikenal Angker

4. Potret kapal tanker

Potret Pantai Kemala yang Berada di Pusat Kota BalikpapanIlustrasi kapal tanker pengangkut minyak. (Sumber: tambang.co.id)

Para pengunjung dapat melihat air laut berwarna biru dan juga bisa melihat beberapa kapal tanker besar yang sedang melewati dan membawa muatan ini merupakan potret terindah Pantai Kemala.

Pasir-pasir yang terdapat di Pantai Kemala ini menambahkan kesan eksotis pantai dan juga dimanfaatkan pengunjung sebagai tempat bermain pasir laut.

5. Menikmati matahari tenggelam

Potret Pantai Kemala yang Berada di Pusat Kota BalikpapanIlustrasi. Sejumlah anak bermain bola voli di Pantai Karangantu menjelang matahari tenggelam (sunset), Kasemen, Serang, Minggu (2/8/2020) (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Momen yang paling ditunggu-tunggu para pengunjung ialah ketika saat matahari akan tenggelam merupakan potret terindah Pantai Kemala. Pada momen ini panorama langit akan terlihat sangat indah.

Para pengunjung pun menjadikan momen ini sebagai waktu untuk mengambil gambar atau mengabadikannya dalam sebuah foto, dan dapat di upload atau dibagikan ke akun sosial media mereka. Suasana langit kala itu dengan warna kuning keemasan dipadukan warna jingga membuat para pengunjung terpukau dan merasakan kenikmatannya.

6. Hiburan pantai yang lengkap

Para pengunjung Pantai Kemala dapat memainkan beberapa fasilitas bermain yang disewakan pihak pengelola. Cukup banyak fasilitas bermain di sini, di antaranya yaitu Banana Boat dan Flying Fox. 

Fasilitas bermain ini juga tersedia dengan beragam tarif, dimulai dari Rp25 ribu. Selain bermain, banyak dari pengunjung yang sengaja datang hanya untuk menikmati potret terindah Pantai Kemala dan menghabiskan waktu liburan mereka dengan diiringi angin sepoi-sepoi dan suara deburan ombak. 

7. Fasilitas lengkap

Walaupun Pantai Kemala ini tidak termasuk dalam kawasan wisata yang begitu luas, namun pantai ini sangatlah cocok untuk anda gunakan bersantai dan menikmati suasana potret terindah Pantai Kemala.

Di kawasan pantai ini terdapat beberapa warung makanan dan minuman dengan harga yang beragam, berkisar Rp5 ribu hingga Rp10 ribu. Dan juga tersedia hotel, villa maupun wisma yang bisa disewa dengan berbagai rentang harga.

Suasana alam Pantai Kemala ini memang tidak pernah gagal menyihir mata dan hati dari para pengunjung yang membuat mereka betah lama-lama di sini. 

 

Demikian informasi tentang potret terindah Pantai Kemala ini, semoga anda yang membaca ini dapat meluangkan waktu atau menjadikan tempat ini sebagai rencana destinasi liburan anda selanjutnya.

Baca Juga: 9 Pantai di Balikpapan dengan Pesona Alam Kalimantan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya