TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Serentak, 5.390 Siswa SD di Banjarmasin Khataman Al Quran

Acara keagamaan yang diikuti 238 sekolah

Ribuan siswa SD di Kota Banjarmasin ikuti khataman alquran di Masjid Sabilal Muhtadin, Senin (6/3/20203).

Banjarmasin, IDN Times - Kota Banjarmasin menunjukkan sebagai salah satu kota yang berasaskan agamis dan religius di Kalimantan Selatan (Kalsel). Salah satunya seperti agenda khataman Al Quran 5.390 siswa sekolah dasar di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Senin (6/3/2023). 

Mereka yang melakukan khataman Quran merupakan siswa kelas 6 dari 238 SDN di Banjarmasin. Prosesi khataman Quran dilantunkan bersama-sama yang dimulai dari membaca surat Ad-Dhuha hingga 22 surah terakhir Al Quran

Baca Juga: Banjarmasin Gagal Pertahankan Gelar Adipura

1. Seluruh peserta berpakaian serba putih

Serba putih, peserta khataman alquran di Kota Banjarmasin.

Suasana khataman yang merupakan program tahunan Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) dan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin ini semakin hidup dan menunjukkan suasana religius kota. Seluruh peserta seragam berpakaian serba putih.

Untuk siswa dengan gamis putih sedangkan para siswi mengenakan busana muslim dilengkapi aksesoris bunga di kepala. Sebagian dari siswi juga ada yang memakai tudung kepala manik-manik melapisi kerudung mereka. 

2. Tujuan khataman untuk memberantas buta huruf Hijriah

ilustrasi baca al-quran (unsplash.com/andri helmansyah)

Ketua pelaksana Muhammad Nur Khoir mengatakan, acara khataman dimaksudkan untuk memberantas buta aksara huruf Hijriah di Banjarmasin. Bukan hanya sekadar acara seremoni biasa. 

Sehingga dari kegiatan dapat tumbuh semangat gemar membaca Al Quran dan huruf Hijriah. 

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberantas buta aksara huruf Al Quran. Jika sudah bisa memahami huruf alquran diharapkan anak-anak semakin semangat dalam membaca Al Quran. Apalagi akan memasuki bulan Ramadhan," bebernya.

Baca Juga: Memantau Gaya Hidup Hedonisme di Antara ASN Banjarmasin 

Berita Terkini Lainnya