TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pedagang Meninggal, Pemkot Balikpapan Swab Massal Pasar Pandansari

Pedagang diminta tidak kabur dan mengikuti tes swab

Ilustrasi pasar tradisional. IDN Times/Besse Fadhilah

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan menindaklanjuti meninggalnya pasien positif COVID-19, seorang pedagang di pasar tradisional dengan swab massal yang akan digelar bagi para pedagang Pasar Pandansari pada Selasa (30/6) mendatang pukul 09.00 - 15.00 Wita.

"Pasien positif yang meninggal dunia itu jualan di Pasar Pandansari jadi kita akan lakukan swab massal di pasar Pandan Sari sebanyak 500 pedagang. Kita mohon pedagang bisa bekerja sama. Kalau nanti ada yang terpapar di sana jadi kita harus pertimbangkan kondisi pasar Pandansari," ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan sekaligus Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat rilis pada Jumat (26/6).

Baca Juga: 32 Persen Kasus COVID-19 di Kaltim Berasal dari Balikpapan

1. Pedagang diminta tak kabur saat tes swab

RSUD Kanujoso Djatiwibowo (IDN Times/Surya Aditya)

Diketahui, BPN 135 merupakan seorang pedagang yang masuk ke RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo dengan gejala demam, batuk , sesak nafas berat juga riwayat penyakit hipertensi. Pasien laki-laki yang berusia 54 tahun ini meninggal pada Kamis (25/6).

Rizal mengingatkan para pedagang agar mau bekerja sama saat dilakukan tes swab massal di pasar tersebut. "Kita harap pedagangnya tidak seperti di tempat lain yang ada swab lalu kabur. Kita mohon kerja samanya," ujarnya

2. Enam orang terkonfimasi positif COVID-19 dan tiga orang sembuh

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi (IDN Times / Haikal)

Pada Jumat, sebanyak tiga orang dinyatakan sembuh, dan enam orang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ada 6 yang terkonfirmasi positif. Total 162 orang, yang dirawat 60 orang, sembuh 98 orang, yang meninggal ada tambahan 1 jadi 4 yang meninggal dunia," ujarnya.

Ia menambahkan, sebanyak 50 spesimen sedang dalam pemeriksaan di rumah sakit Balikpapan dan sebagian sampel dikirimkan ke Samarinda. 

Selain itu, Rizal juga megingatkan masyarakat Balikpapan agar terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dengan benar atau menggunakan hand sanitizer, serta menjaga jarak.

 

Baca Juga: Pedagang Pasar Tradisional di Balikpapan Meninggal Akibat COVID-19

Berita Terkini Lainnya