TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ormas Unjuk Rasa Tuntut Libatkan Pekerja Lokal di RDMP Balikpapan

Berdayakan pekerja dan pengusaha lokal

IDN Times / Hilmansyah

Balikpapan, IDN Times - Ratusan warga yang tergabung dalam Persatuan Ormas Asli Kalimantan (POAK) melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor PT WIKA Site Dev di Jalan Wiluyo Puspoyudo, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Warga menuntut perusahaan BUMN ini untuk memberdayaan pekerja lokal, pengusaha lokal dan penyaluran CSR tepat sasaran dalam proyek pembangunan Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Balikpapan

“Mereka tidak mempekerjakan pekerja lokal dan pengusaha lokal, padahal di tenaga kerja di Kalimantan ini banyak yang mampu. Selain itu CSR yang diberikan selama ini banyak salah sasaran,” Ketua Persatuan Ormas Asli Kalimantan (POAK), Andien Syamsir, ditemui disela-sela aksi, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga: Proyek Kilang RDMP Serap 45 Persen Pekerja Lokal Asal Balikpapan

1. Sempat terjadi adu mulut antara pengunjukrasa dan perwakilan perusahaan

IDN Times / Hilmansyah

Ratusan massa yang menggunakan truk dan motor ini berhenti di depan kantor PT WIKA dan melakukan orasinya. Kedatangan pengunjuk rasa ini ditemui Humas PT WIKA Site Dev Syamsudin. Sempat terjadi adu mulut lantaran massa mencoba masuk ke dalam kantor dan meminta Syamsudin menghubungi pimpinannya.

"Minta maaf, pimpinan kami tidak bisa hadir karena sedang berada di luar kota," ujarnya singkat saat memberi penjelasan kepada para pengunjuk rasa.

2. Warga kecewa karena pekerja lokal tak mendapatkan kesempatan bekerja di proyek RDMP

IDN Times / Hilmansyah

Ketua Persatuan Ormas Asli Kalimantan (POAK), Andien Syamsir mengatakan pihaknya sangat kecewa sebab selama ini pekerja lokal sangat minim dilibatkan, perusahaan lokal pun juga jarang diberi kesempatan.

"Kami orang asli Kalimantan kecewa, bayangkan tukang batu aja dari pekerja luar, tukang gali kabel pun juga. Perusahaan lokal juga jarang punya kesempatan," ujarnya.

Baca Juga: Ormas Balikpapan Demo, Tuntut Proyek RDMP Pekerjakan Tenaga Lokal 

Berita Terkini Lainnya