TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Petugas Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ekor Burung di Balikpapan 

Berbagai jenis burung akan diselundupkan ke Parepare

Ratusan burung yang hendak diselundupkan dari Balikpapan ke Parepare ( Dok.IDN Times/Istimewa)

Balikpapan, IDN Times - Petugas Balai Karantina Pertanian Kelas I Balikpapan menggagalkan upaya penyelundupan berbagai jenis burung dengan jumlah ratusan ekor di Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

“Ada 359 ekor burung yang akan diselundupkan, terdiri dari burung perkutut, cucak biru, jalak kerbau, beo, lincang, serindit, dan kapas tembak,” ujar Sub Koordinator Substansi Pengawasan dan Penindakan Balai Karantina Pertanian Kelas I Balikpapan, Endyokta Widoyono, Sabtu (19/6/2021)

Baca Juga: Dinkes Balikpapan Cek Kesiapan Faskes Layani Vaksin Gotong Royong

1. Kelabui petugas dengan memasukan burung selundupan ke dalam gudang

Petugas Balai Karantina Pertanian Kelas I Balikpapan menggagalkan upaya penyelundupan ratusan ekor burung di Pelabuhan Semayang, Balikpapan. (IDN Times/ Istimewa)

Endyokta mengatakan, kecurigaan petugas akan adanya penyelundupan berawal dari informasi dari masyarakat setempat. Pejabat Karantina Hewan Wiilker Pelabuhan Semayang bersama Kepolisian Semayang pun menindaklanjuti informasi tersebut.

“Saat itu oknum penumpang itu membawa 5 kardus yang dimasukkan ke dalam gudang kapal tujuan Parepare,” ujarnya.

Namun saat akan dilakukan pemeriksaan gudang sudah dalam keadaan terkunci, sehingga pejabat Balai Karantina Pertanian dan polisi berinisiatif untuk tetap memeriksa ke dalam gudang kapal tersebut.

“Petugas yang sigap dan teliti, berhasil menemukan satwa liar berupa ratusan burung di dalam kardus dan keranjang buah,” ujarnya.

2. Ratusan burung ini akan dibawa ke Parepare

Ratusan burung yang akan diselundupkan dari Balikpapan ke Parepare (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kemudian, burung-burung tersebut dibawa ke kantor Karantina Wilayah Kerja Pelabuhan Semayang, untuk dilakukan penggalian informasi lebih lanjut.

“Setelah dilakukan identifikasi dan pemeriksaan burung yang gagal diselundupkan ini berjumlah 359 ekor,” paparnya.

Ratusan burung dari berbagai jenis ini, katanya, akan di bawa ke Parepare, namun tidak dilengkapi sertifikat kesehatan hewan (KH-11).

Baca Juga: Tracing Klaster Minimarket di Balikpapan, 2 Warga Positif COVID-19

Berita Terkini Lainnya