TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pabrik Kaltim 5 PKT Meledak, Perusahaan Sebut Ada Malfungsi Instrumen

Warga dengar ledakan siang tadi

Tangkapan layar video yang memperlihatkan kepulan asap muncur dari Pabrik 5 PKT di Bontang, Kalimantan Timur (dok. Istimewa)

Bontang, IDN Times - Beredar sebuah video perusahaan Pupuk Kalimantan Timur (PKT) Pabrik 5 mengeluarkan asap tebak berwarna putih kemerahan. Sebelum asap mengepul, terdengar ledakan pada Sabtu (23/7/2022) siang. 

Dari keterangan yang merekam video tersebut, ledakan tersebut sempat menimbulkan getaran. Terdengar si perekam juga menyebut racun yang keluar dari asap tersebut. 

Berdasarkan keterangan pihak perusahaan, melalui SVP Sekretaris Perusahaan PKT Teguh Ismartono, pabrik 5 memang terjadi shutdown karena ada malfungsi instrumen. Hanya saja, dari pihak perusahaan menyebutkan waktu berbeda dari yang terjadi di lapangan.

"Pada Sabtu dini hari, Pabrik 5 PKT shutdown karena ada malfungsi instrumen. Pada saat melakukan restart terjadi over-firing," jelasnya dalam press rilis yang diterima IDN Times, Sabtu (23/7/2022).

Baca Juga: Jembatan Teluk Balikpapan Menuju Nipah-nipah Segera Dibangun

1. Masih dalam proses investigasi

Ilustrasi laporan investigasi. (Pixabay.com/TheDigitalArtist)

Beruntung, kata mereka, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Setelah terjadinya over-firing, kondisi tersebut langsung ternotifikasi langsung oleh tim central control room. Sehingga dapat ditanggulangi dengan sigap. Sejauh ini belum diketahui penyebab terjadinya over-firing

"Masih dalam investigasi tim PKT. Tim teknis akan mengevaluasi ulang dan jika ditemukan kerusakan akan segera diperbaiki, dan pabrik direaktivasi kembali," terang Teguh.

Baca Juga: Polresta Samarinda Memantau Antrean Pembelian BBM di SPBU

Berita Terkini Lainnya