TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hitungan Hari, Harga Cabai Rawit di Samarinda Kian Melejit

Meski harganya makin pedas warga tetap doyan membeli

ANTARA FOTO/Habung Hambara

Samarinda, IDN Times - Hanya dalam dua hari nilai cabai rawit di Samarinda melejit. Lombok kecil warna hijau dan merah ini dihargai Rp60 ribu untuk satu kilogram (kg). Lonjakan harga tersebut dipicu cuaca.

“Baru dua hari naiknya (cabai rawit) sebelumnya justru cabai ini yang murah, lainnya (cabai jenis lain) mahal,” ujar Siti Ropingatun, pedagang di Pasar Segiri Samarinda pada Rabu (27/1/2021) siang kepada IDN Times.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Diklaim Masih Terkendali, Samarinda Tak Laksanakan PPKM

1. Gegara lahan kebanjiran harga cabai melambung tinggi

Siti Ropingatun, pedagang sembako di Pasar Segiri Samarinda. Harga cabai rawit satu kilogram dihargai Rp60 ribu (IDN Times/Yuda Almerio)

Kata Siti, saban hari dirinya menerima pasokan cabai dari Palu, Sulawesi Tengah. Sebagian besar pedagang lombok di pasar tradisional ini juga demikian. Sementara pasokan lainnya berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Nah, khusus cabe rawit didapat dari Samboja, Kutai Kartanegara.

“Sebenarnya dari Sulawesi Selatan juga ada, namun ini kami dapat dari Samboja. Harganya memang tiba-tiba naik. Pasokannya sedikit karena lahan kebanjiran,” akunya.

2. Meski harganya mahal namun warga tetap doyan membeli

ANTARA FOTO/Ampelsa

Lebih lanjut diterangkannya, dua pekan terakhir harga cabai memang sempat alami kenaikan. Misalnya saja harga cabai keriting yang sebelumnya Rp45 ribu per kg sekarang menjadi Rp35 ribu, cabai merah besar tadinya Rp50 ribu sekarang Rp40 ribu. Paling murah itu cabai hijau besar. Harganya tak banyak alami kenaikan per kg dihargai Rp20 ribu. Kendati demikian selama empat dekade lebih jadi pedagang, lombok pasti dicari pembeli.

“Pasti ada yang beli, walau jumlahnya (besaran pembelian) berkurang. Dari kiloan jadi ons,” sebutnya.

Baca Juga: Waspada, Angka Kesembuhan COVID-19 Kaltim di Bawah Rerata Nasional

Berita Terkini Lainnya