Syukuran Pembangunan IKN, Jokowi akan Berkemah di Kota Nusantara

Masyarakat sambut Jokowi dengan suka cita

Penajam, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dikabarkan akan kembali mengunjungi lokasi titik nol pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur. Tersiar informasi pula, Presiden RI akan menggelar syukuran atas realisasi pembangunan ini sekaligus berkemah di lokasi Kota Nusantara. 

“Kalau kunjungan pejabat tiap hari selalu ada ke Sepaku, cuman ini sudah mulai persiapan kunjungan RI-1 Pak Jokowi. Rencananya beliau  juga bermalam,” ujar Sekretaris Camat Sepaku Adi Kustaman kepada IDN Times, Kamis (3/2/2022).

1. Sambut kedatangan RI 1 pekerjaan jalan lingkar KIPP dikebut

Syukuran Pembangunan IKN, Jokowi akan Berkemah di Kota NusantaraJalan mulus arah pintu gerbang titik nol IKN (IDN Times/Ervan)

Dalam rangka kedatangan RI 1 dan rombongan tersebut, ungkapnya, sejumlah persiapan telah dilakukan. Bahkan beberapa hari terakhir ini, sudah terlihat percepatan penyelesaian pembangunan jalan lingkar kawasan inti pusat pemerintahan Kota Nusantara. 

Pengerjaannya dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). 

“Nah kami belum mengetahui, apakah kunjungan RI 1 tersebut juga didampingi RI 2 nanti. Namun sejumlah persiapan terus dilakukan untuk menyambut kedatangan pak presiden,” tuturnya.

Informasi awal, rombongan Jokowi tiba di Sepaku pada tanggal 7 hingga 8 Februari 2022. 

Namun belakangan ada perubahan jadwal menjadi tanggal 14 sampai 15 Februari 2022.

“Meski telah dijadwalkan terakhir direncanakan pada Tanggal 14 sampai 15  Februari 2022, namun itu pun masih bisa berubah jadi masih tentatif,” sebutnya. 

Baca Juga: Ini Orang Pertama yang Mengusulkan PPU Menjadi IKN

2. Jika ground breaking tentu banyak pejabat negara hadir karena sejarah bagi bangsa Indonesia

Syukuran Pembangunan IKN, Jokowi akan Berkemah di Kota NusantaraAdi Kustaman (IDN Times/Ervan)

Adi mengatakan, adanya agenda peletakan batu pertama pembangunan Kota Nusantara di Sepaku. Ia pun memperkirakan, momentum ini nantinya akan dihadiri banyak pejabat negara baik pusat maupun daerah. 

Mengingat momentum peletakan batu pertama merupakan hajatan nasional dan bersejarah bagi bangsa Indonesia.

“Kemarin saya ikut rapat persiapan, namun belum ada yang mengetahui, apakah kedatangan pak presiden itu dalam rangka ground breaking langsung atau kunjungan biasa,” ucapnya. 

Ia menambahkan, sejauh ini tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Kecamatan Sepaku. Pihaknya juga masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia sehubungan rencana berkemahnya RI 1 dan rombongan di Ibu Kota Nusantara tersebut.

3. Belum diketahui RI 1 melalui jalur darat atau gunakan helikopter menuju ke lokasi

Syukuran Pembangunan IKN, Jokowi akan Berkemah di Kota NusantaraPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Sementara ini, Adi masih menunggu informasi kepastian kunjungan Jokowi. 

“Kami juga belum mengetahui apakah beliau melalui jalur darat atau via udara menggunakan helikopter menuju ke lokasi kegiatan nanti,” jelasnya. 

Namun, lanjut Adi, informasi rencana kunjungan RI-1 ini sudah beredar di masyarakat Sepaku. Masyarakat menyambut baik dengan suka cita dan bangga. Karena kampung halamannya kembali dikunjungi orang nomor 1 di Indonesia.

“Informasinya bapak presiden berkemah di Ibu Kota Nusantara, untuk titiknya belum diketahui. Bahkan kami pun tidak mendapatkan informasi dari Kantor Staf Presiden Republik Indonesia siapa saja masyarakat Kaltim yang nanti diundang pada kegiatan itu,” urainya.

4. Jokowi undang tokoh adat Kaltim syukuran di Ibu Kota Nusantara

Syukuran Pembangunan IKN, Jokowi akan Berkemah di Kota NusantaraPresiden RI, Jokowi saat menerima lima orang perwakilan tokoh adat Kaltim didampingi Gubernur Kaltim, Isran Noor (IDN Times/Ervan)

Terpisah, Ketua Bubuhan Banjar Kaltim (KBB-KT) PPU Syarifuddin HR membenarkan, Presiden Jokowi telah menyampaikan langsung kepadanya dan empat tokoh adat Kaltim juga ada Gubernur Kaltim Isran Noor untuk datang ke Ibu Kota Nusantara. 

Informasi ini ia peroleh ketika para tokoh adat Kaltim bertemu dengan Jokowi di Balikpapan pada 31 Januari 2022. 

“Rencana pak Presiden kembali datang ke Ibu Kota Nusantara guna melaksanakan acara syukuran di Ibu Kota Nusantara. Pak Jokowi ingin berkemah di sana, bahkan kami juga diundang langsung untuk ikut acara selamatan tersebut,” pungkasnya. 

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Kaltim Fluktuasi Naik dan Turun

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya