Comscore Tracker

Dua Tahun Ditiadakan, Balikpapan Wonderland Carnival Kembali Digelar

Tampilkan pegelaran tari dan industri kreatif

Balikpapan, IDN Times - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Balikpapan Wonderland Carnival 2022. Kegiatan seni dan budaya yang masuk dalam rangkaian perayaan HUT ke-125 Kota Balikpapan.

Kepala DPOP Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma mengatakan, event Balikpapan Wonderland Carnival 2022 ini diikuti sebanyak 13 peserta yang berasal dari sanggar tari dan seni setempat. 

“Para peserta ini masing-masing menampilkan atraksinya di depan panggung kehormatan dan kegiatan ini juga dilombakan,” ujarnya, Minggu (12/6/2022).

1. Tampilkan pagelaran tari dan industri kreatif

Dua Tahun Ditiadakan, Balikpapan Wonderland Carnival Kembali DigelarKepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma. (IDN Times/Hilmansyah)

Ratih Kusuma menambahkan, kegiatan ini juga sekaligus upaya dari Pemkot Balikpapan mendukung dan peningkatan UMKM, industri kreatif, dan sekaligus silaturahmi dengan seluruh stakeholder terkait.

“Para peserta ada yang menampilkan pagelaran tari dan ada atraksi drum band lebih pada hiburan,” jelasnya.

Di mana tujuan akhirnya memberikan dampak yang positif bagi para pelaku UMKM, sanggar seni dan tari ikut serta berperan dalam industri dan hiburan di Kota Balikpapan.

“Termasuk juga meningkatkan kreatifitas, pelaku industri kreatif,” paparnya.

Baca Juga: Pertamina dan SDN 006 Balikpapan Gelar Festival Literasi 

2. Rute carnaval dirubah

Dua Tahun Ditiadakan, Balikpapan Wonderland Carnival Kembali DigelarBalikpapan Wonderland Carnival Kembali Digelar, Minggu (12/6/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Ratih mengatakan, ada perubahan rute Balikpapan Wonderland Carnival dibandingkan tahun sebelumnya. Di mana awalnya dimulai dari Lapangan Merdeka dan sekarang berubah dengan Gedung Parkir Klandasan dan berakhir di Balai Kota Balikpapan. 

“Perubahan rute ini selain untuk lebih mendekatkan juga untuk membantu para pelaku UMKM yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan sekitar Gedung Parkir Klandasan,” ucapnya.

Ratusan warga menyaksikan kegiatan Balikpapan Wonderland Carnival 2022 ini di sepanjang tepi Jalan Sudirman. Guna memberikan rasa aman, petugas menutup Jalan Jenderal Sudirman dari arah Melawai hingga Gedung Parkir Klandasan.

3. Harapan agar aktivitas masyarakat kembali normal

Dua Tahun Ditiadakan, Balikpapan Wonderland Carnival Kembali DigelarBalikpapan Wonderland Carnival Kembali Digelar, Minggu (12/6/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, hampir dua tahun sejak adanya pandemik COVID-19 kegiatan seperti ini tidak dilaksanakan. Baru hari ini bisa dilaksanakan dengan melihat status Balikpapan yang berada di level 1 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) COVID-19. 

“Mudah-mudahan di momentum ini kita doakan COVID-19 hilang, sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal kembali,” ujarnya.

Rahmad juga mengapresiasi warga Balikpapan yang telah mendukung kondusifitas kota, dengan menaati protokol kesehatan. Guna menjaga kelancaran pelaksanaan acara ini.

“Mari bersama-sama kita menjalankan prokes,agar kasus pandemik COVID-19 ini bisa segera menjadi endemi,” tutupnya.

Baca Juga: Awas! Penyakit Demam Berdarah Dengue Meningkat di Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya