Iseng Sofa Dibakar, Api Hanguskan Lima Rumah Warga di Balikpapan 

Jalan sempit dan kerumunan halangi petugas

Balikpapan,IDN Times - Bencana kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk di kawasan Gunung Malang RT 56 Kelurahan Klandasan Ilir Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (5/7/2021) pukul 16.30 Wita. Seorang warga setempat, Rusdi mengaku menyaksikan sumber api berasal dari ulah iseng anak-anak.

Para bocah ini disebutnya membakar kursi sofa bekas di sekitar pemukiman yang berujung merembet ke pemukiman warga. 

“Tadi itu ada anak-anak bakar sofa di sana. Terus apinya besar kena rumah yang di sampingnya,” ungkapnya. 

Tidak berselang lama, petugas pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan datang ke lokasi bencana. Personel BPBD Balikpapan  berupaya memadamkan api yang sudah membesar membakar rumah kayu warga. 

1. Sebanyak 13 unit PMK diterjunkan

Iseng Sofa Dibakar, Api Hanguskan Lima Rumah Warga di Balikpapan Personel BPBD Balikpapan berusaha memadamkan api. (IDN Times/Hilmansyah)

BPBD Balikpapan mengerahkan sedikitnya 13 unit mobil pemadam kebakaran dan water supplay dari PDAM. Mereka berjibaku menjinakkan kobaran api yang menganguskan sedikitnya lima rumah warga setempat. 

“Dugaan kami saat ini yang terbakar ada lebih dari lima unit rumah. Ada kos-kosan juga,” papar Kabid Kedaruratan dan Kebencanaan BPBD Balikpapan Usman Ali.

Setelah berjuang hampir satu jam, BPBD Balikpapan berhasil memadamkan api tepat pukul 17.30 Wita. Hanya tersisa sejumlah titik api yang berada rumah warga.

Baca Juga: Penumpang Bandara di Balikpapan Wajib Kantongi Tes PCR dan Vaksinasi

2. Petugas terhalang kerumunan warga yang malah menggangu proses pemadaman

Iseng Sofa Dibakar, Api Hanguskan Lima Rumah Warga di Balikpapan Kebakaran rumah warga di pemukiman Gunung Malang Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Usman mengatakan, mereka terganggu kerumunan warga yang bergerombol di sekitar lokasi bencana kebakaran. Bukannya membantu, mereka malah mengganggu petugas dalam melakukan pemadaman. 

Selain itu, angin juga berhembus kencang yang makin menyulitkan dalam proses pemadaman api. 

“Jalan sempit ya, dan anginnya tadi cukup kencang jadi kita hanya bisa melakukan blocking dulu sambil menunggu armada PMK (Pemadam Kebakaran) lainnya datang,” jelasnya.

3. Bantah kebakaran karena ada anak membakar sofa

Iseng Sofa Dibakar, Api Hanguskan Lima Rumah Warga di Balikpapan Kabid Kedaruratan dan Kebencanaan BPBD Balikpapan Usman Ali. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Ketua RT 56 Kelurahan Klandasan Ilir  Marjuki meminta semua pihak agar tidak berburuk sangka soal penyebab bencana ini. Ia menyerahkan pada pihak berwenang untuk memutuskan apa penyebab kebakaran. 

Ia menolak anggapan bencana kebakaran disebabkan ulah anak-anak iseng membakar sofa jadi penyebab lima rumah terbakar. Menurutnya hal tersebut hanya sekadar isu. 

“Saya enggak lihat, jadi enggak tahu. Itu isu-isu aja, yang pasti saya tidak tahu asal apinya,” tegasnya.

Baca Juga: Ngebor Air di Balikpapan, Muncul Semburan Lumpur dan Gas 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya