Comscore Tracker

KPU Balikpapan Kerahkan 13 Ribu Orang untuk Sosialisasi Pilkada

Target 77,5 persen warga Balikpapan gunakan hak pilihnya

Balikpapan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan mengerahkan sekitar 13.500 orang untuk menggencarkan sosialisasi pelaksanaan pemilihan wali kota dan wakil wali kota pada 9 Desember 2020 mendatang.

"13.000 lebih mereka yang terlibat dalam seluruh kegiatan KPU Kota Balikpapan, mulai dari PPK, PPS dan sekarang sudah terbentuk KPPS. Tidak hanya mengurusi hal teknis tapi juga menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat pada 9 Desember nanti akan dilaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS," ujar Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha yang ditemui IDN Times di kantornya, Senin (30/11/2020).

1. Warga diminta gunakan hak pilihnya

KPU Balikpapan Kerahkan 13 Ribu Orang untuk Sosialisasi Pilkada(IDN Times/Hilmansyah)

Thoha menambahkan, meskipun hanya ada satu pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Balikpapan 2020, yakni Rahmad Mas'ud danThohari Azis, KPU meminta warga yang mempunyai hak pilih tetap datang TPS. Baik akan memberikan suara pada paslon  ataupun akan mencoblos kolom kosong, pilihan ada di tangan pemilih.

"Ada atau tidak ada pilihan warga, yang mempunyai hak pilih wajib datang ke TPS, karena yang dicoblos itu ada gambar pasangan calon atau kolom kosong. Asal jangan dua-duanya (dicoblos nanti) menjadi tidak sah," jelasnya.

Baca Juga: 10 Poin Kesepakatan, Deklarasi Damai Pilkada Balikpapan 2020

2. Optimis target partisipasi pemilih di Balikpapan dapat tercapai 77,5 persen

KPU Balikpapan Kerahkan 13 Ribu Orang untuk Sosialisasi Pilkada(IDN Times/Hilmansyah)

KPU Kota Balikpapan, menargetkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak ini sebesar 77,5 persen.

"Target ini dihitung dari jumlah pemilih yang hadir di TPS, kita tidak tahu kenapa angka tersebut keluar, namun yang jelas angka tersebut diambil dari tingkat partisipasi Pilkada sebelumnya," ujar Thoha.

Ia menuturkan pada Pemilihan Legislatif 2019 tingkat partisipasi warga Balikpapan mencapai lebih dari 79,9 persen. "Kita optimis target Pilkada Serentak Balikpapan bisa tercapai dengan sosialisasi masif dari KPU," paparnya.

3. Sebanyak 13.000 orang terlibat sosialiasi pilkada

KPU Balikpapan Kerahkan 13 Ribu Orang untuk Sosialisasi PilkadaPaslon wali kota dan wakil wali kota Balikpapan Rahmad Masud dan Thohari Azis bersepeda bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Sampai saat ini, lanjut Thoha, KPU dan seluruh badan ad hoc terus menerus melakukan sosialisasi Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang yang tinggal 9 hari lagi.

Sosialisasi Pilkada Serentak Balikpapan gencar dilaksanakan baik di media sosial, sosialisasi keliling, dan melalui berbagai kegiatan lainnya. Untuk mengajak masyarakat datang dan memberikan suaranya meskipun di tengah pandemik COVID-19.

"Selain 13.000 orang yang terlibat di KPU, sosialisasi juga dilakukan paslon yang terlibat dalam pilkada dan masyarakat," tutupnya.

Seperti diketahui pada Minggu (29/11/2020) Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berkunjung ke Kota Balikpapan untuk mengkampanyekan pasangan calon (paslon) tunggal Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud-Thohari Azis

Baca Juga: KPU Balikpapan: Seribuan Surat Suara untuk Pilkada Serentak Rusak

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya