Kaltim Gelar Rapimnas Persatuan Insinyur Indonesia Tahun 2023

Menko Bidang Perekonomian akan membuka secara resmi

Samarinda, IDN Times - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Tahun 2023.

Ketua Panitia Pelaksana Rapimnas sekaligus Wasekjen PII Ir Hetifah Sjaifudian mengatakan, sejumlah menteri dijadwalkan hadir dalam agenda akbar itu termasuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang dijadwalkan akan membuka acara secara resmi. 

"Rapimnas PlI yang akan digelar di Hotel Novotel Balikpapan pada 20 - 22 Januari 2023 ini, juga dihadiri oleh Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud," kata Hetifah diberitakan Antara di Samarinda, Selasa (17/1/2023).

Menteri lain yang dijadwalkan hadir yakni Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, serta Perwakilan Otorita IKN.

1. Rapimnas sesuai tema pembangunan Ibu Kota Negara.

Kaltim Gelar Rapimnas Persatuan Insinyur Indonesia Tahun 2023Sebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Ia menjelaskan Kaltim dipilih menjadi lokasi pelaksanaan Rapimnas karena sesuai dengan tema yang diusung yaitu pembangunan Ibu Kota Negara.

"Kaltim telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Kaltim dan juga Pemerintah Kota Balikpapan. Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak untuk menyukseskan Rapminas PII," ucap Hetifah.

Hetifah juga menyampaikan selain Rapimnas PII, delegasi akan mengunjungi beberapa titik di IKN. "Rencananya, para delegasi akan mengunjungi Titik Nol IKN Nusantara, permukiman pekerja, serta kawasan istana negara," jelasnya.

Baca Juga: Pengembangan Ekonomi Kreatif bagi Masyarakat di Samarinda

2. Ratusan peserta akan hadir dalam Rapimnas

Kaltim Gelar Rapimnas Persatuan Insinyur Indonesia Tahun 2023Mantan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Heru Dewanto (Dok. Istimewa)

Ketua Umum PII Danis Hidayat Sumadilaga menambahkan, Rapimnas akan diikuti sebanyak 500 peserta yang terdiri dari pengurus wilayah dan cabang PII berbagai daerah dan juga Badan Kejuruan (BK) meliputi teknik sipil, teknik industri, teknik elektro, teknik mesin, kewilayahan dan perkotaan, teknik arsitektur, teknik fisika, teknik geodesi.

Selanjutnya, teknik informatika, teknik kebumian dan energi, teknik kehutanan, teknik kimia, teknik lingkungan, teknik material, metalurgi, teknik perkeretaapian, teknik perminyakan dan geothermal, teknik pertambangan, teknik pertanian. teknik peternakan, teknologi kedirgantaraan, dan teknologi kelautan.

3. PII akan menggelar Engineering Exhibition yang diikuti dunia usaha

Kaltim Gelar Rapimnas Persatuan Insinyur Indonesia Tahun 2023Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Foto dok

Selain kegiatan Rapimnas, PII akan menggelar Engineering Exhibition yang diikuti dunia usaha, BUMN dan juga Perguruan Tinggi. PII mengundang segenap warga Balikpapan dan sekitarnya termasuk pelajar dan mahasiswa untuk menghadiri pameran yang akan diselenggarakan di Novotel Hotel Balikpapan.

"Kami sangat berharap Rapimnas PII menghasilkan terobosan pemikiran dan inovasi dari kalangan insinyur sekaligus memberikan kontribusi nyata dari para insinyur dari berbagai bidang keahlian kepada pembangunan IKN Nusantara" jelas Ir Danis Hidayat Sumadilaga selaku Ketua Umum PII yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN.

Baca Juga: Pengembangan Ekonomi Kreatif bagi Masyarakat di Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya