Laka Lantas Tol Balsam, Polda Kaltim Tingkatkan Patroli PJR 

Pengamanan di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Balikpapan, IDN Times - Kecelakaan lalu lintas menjadi ancaman di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). Kondisi ini yang menjadi perhatian Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Timur (Kaltim) bagaimana caranya mengurangi kecelakaan lalu lintas ini. 

Salah satunya, dengan menambah jumlah personel patroli jalan raya (PJR) di Jalan Tol Balsam ini. 

"Penambahan empat personel PJR di Tol Balsam, sebelumnya ada enam petugas. Semoga dengan tambahan ini angka kecelakaan bisa terus ditekan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim Komisaris Besar Pol Singgamata, saat dihubungi, pada Selasa (14/12/2021).

1. Antisipasi jelang Natal dan tahun baru

Laka Lantas Tol Balsam, Polda Kaltim Tingkatkan Patroli PJR ANTARA FOTO/Arnas Padda

Penambahan tersebut juga dilakukan untuk menyikapi peningkatan traffic di Jalan Tol Balsam jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022. 

"Makanya kami tambah personel supaya mobilitas PJR bisa lebih tinggi," sebutnya.

Singgamata berharap keberadaan personel PJR patroli membuat para pengendara akan berhati-hati selama berkendara. Sebab kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Balsam salah satu penyebabnya adalah pengendara yang memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi.

"Penyebab lainnya sebagian besar korban kecelakaan mengaku berkendara dalam kondisi mengantuk. Semoga dengan peningkatan mobilitas petugas ini, angka kecelakaan bisa ditekan lagi," harapnya.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Jalan Tol Balsam, Tol Pertama di Pulau Kalimantan

2. Angka kecelakaan turun di Jalan Tol Balsam

Laka Lantas Tol Balsam, Polda Kaltim Tingkatkan Patroli PJR Gerbang Tol Samboja, Tol Balsam (IDN Times/Mela Hapsari)

Terkait dengan angka kecelakaan lalu lintas di Kaltim, Singgamata menyebut jika trennya cenderung menurun. Pada bulan November 2021 misalnya, angka kecelakaan lalu lintas di seluruh Kaltim mengalami penurunan hingga 18 persen dibanding Oktober tahun ini.

"Begitu juga dengan angka kematian akibat kecelakaan yang mengalami penurunan hingga 20 persen. Penurunan ini salah satunya karena kesadaran masyarakat, ditambah upaya-upaya dari kepolisian," pungkasnya.

Dia berharap tren kasus kecelakaan lalu lintas dapat terus menurun setiap tahunnya.

3. Peningkatan arus kendaraan selama Natal dan tahun baru

Laka Lantas Tol Balsam, Polda Kaltim Tingkatkan Patroli PJR Kecelakaan di Tol Balsam (Balikpapan-Samarinda) tepatnya di kilometer 82 dekat Gerbang Tol Palaran (Dok.IDN Times/Istimewa)

PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) memperkirakan adanya peningkatan arus traffic pengguna Jalan Tol Balsam selama liburan Natal dan Tahun Baru 2022 nanti. Peningkatan arus kendaraan diperkirakan mencapai 12 ribu kendaraan atau meningkat 100 persen dari kondisi normal sebanyak 5 hingga 6 ribu kendaraan per hari. 

“Kita lihat kondisi pandemik mulai turun, ekonomi mulai bangkit dan pelonggaran diberikan jadi secara konsisten kenaikan traffic sudah terjadi,” kata Dirut JBS Jinto Sirait, Jumat (10/12/2021).

Jinto mengatakan, JBS sudah memperhitungkan berbagai kondisi mungkin akan terjadi selama Natal dan tahun baru. Mereka mempersiapkan diri dan mengadakan perhitungan-perhitungan tentang kemungkinan kondisi traffic akan terjadi.

Baca Juga: Tersangka Ditangkap di Tol Balsam, Polres PPU Ungkap 13 TKP Pencurian

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya