Menteri ATR/BPN Pastikan Pengadaan Tanah di IKN Perhatikan Hak Adat

Persoalan ini menjadi perhatian warga adat 

Balikpapan, IDN Times - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto memastikan, pengadaan tanah untuk pembangunan yang berkaitan dengan ibu kota negara memperhatikan hak atas tanah masyarakat khususnya masyarakat adat.

"Terkait pengadaan tanah, saya pastikan proses pengadaan tanah dilakukan dengan memperhatikan hak atas tanah masyarakat khususnya masyarakat adat," kata dia di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) diberitakan Antara, Rabu (14/9/2022). 

1. Kementerian ATR/BPN telah melakukan langkah percepatan pembangunan IKN

Menteri ATR/BPN Pastikan Pengadaan Tanah di IKN Perhatikan Hak AdatMenteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/9/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU

Hadi mengatakan, Kementerian ATR/BPN telah melakukan langkah-langkah percepatan dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Di antaranya membuat peta tematik pertanahan dan ruang, menyusun rencana tata ruang kawasan strategis nasional Nusantara 2022-2024 serta pelepasan kawasan hutan dan/atau pengadaan tanah.

“Kementerian ATR/BPN telah membuat menginventarisasi penguasaan, pemilikan, peta tematik pertanahan dan ruang untuk penggunaan, dan pemanfaatan tanah (IP4T) di IKN. Lalu Akhir 2022 saya menargetkan seluruh materi teknis RDTR," kata dia.

Baca Juga: Kejari PPU akan Bentuk Tim Kajian Hukum Pembangunan IKN Nusantara

2. Membangun kota pintar yang kompetitif di tingkat global

Menteri ATR/BPN Pastikan Pengadaan Tanah di IKN Perhatikan Hak AdatTruk melintas di proyek pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 di Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di PPU, Rabu (17/8/2022). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp.

Tujuan utama dari pembangunan IKN, menurut Hadi, membangun kota pintar yang kompetitif di tingkat global. Atas hal itu, ia mengaku sangat optimis pembangunan IKN bisa berjalan sesuai dengan target yang ditentukan dengan kebijakan land freeze yang sudah dilaksanakan.

“Kami sangat optimis pembangunan IKN bisa berjalan sesuai dengan target yang ditentukan. Sebagaimana arahan bapak presiden bahwa pembangunan IKN ini bukan semata-mata memindahkan fisik kantor-kantor pemerintahan. Tujuan utamanya ialah membangun smart city yang kompetitif di tingkat global,” ucapnya.

3. Kementerian ATR/BPN mengunjungi IKN di PPU

Menteri ATR/BPN Pastikan Pengadaan Tanah di IKN Perhatikan Hak AdatSebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Ia didampingi Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni, Rabu (14/9/2022), mengunjungi IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kaltim. Untuk menindaklanjuti arahan presiden kepada dia saat dilantik yaitu mendukung pembangunan IKN melalui kebijakan tata ruang dan pengadaan tanah.
 
“Pada kunjungan kali ini saya ingin memastikan apa yang menjadi tugas Kementerian ATR/BPN dalam pembangunan IKN benar-benar terlaksana dengan baik di lapangan,” ujar Tjahjanto.

Baca Juga: Kegiatan di IKN, Presiden Kunjungi Titik Nol IKN di Sepaku PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya