Comscore Tracker

Penunjukan IKN Nusantara seperti Kembalinya Kejayaan Kutai 

Menjadi kebanggaan masyarakat Kaltim

Samarinda, IDN Times - Penunjukan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) seperti mengembalikan masa kejayaan Kesultanan Kutai di masa lampau. Kutai sendiri merupakan kerajaan pertama di Nusantara yang berdiri di Bumi Etam pada 400 Masehi. 

“Jadi, ditetapkan dan dipindahkan ibu kota negara Republik Indonesia ke Kaltim, akan mengembalikan kejayaan yang pernah diraih Kerajaan Kutai untuk Indonesia,” kata Gubernur Kaltim Isran Noor dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Kutai kerajaan tertua di Indonesia

Isran Noor mengungkapkan, Kutai merupakan kerajaan tertua di Indonesia sepertinya akan terulang seperti saat penetapan Nusantara menjadi ibu kota. 

Dalam sejarah Kerajaan Kutai, lanjutnya lokasi IKN dulunya wilayah Karesidenan Kerajaan Kutai Ing Martadipura. Wilayah utara berbatasan dengan kekuasaan Kerajaan Sambaliung, Berau.

Ke bagian Selatan berbatasan dengan Sungai Telake Babulu Darat, dulu wilayah Kerajaan Paser.

Baca Juga: Otorita IKN akan Wujudkan Pembangunan IKN Nusantara yang Kelas Dunia

2. Lokasi IKN berada di wilayah Kesultanan Kutai

Penunjukan IKN Nusantara seperti Kembalinya Kejayaan Kutai Raja Kerajaan Kutai Kartanegara. (IDN Times/Wibisono)

Menurut Gubernur, semua itu adalah wilayah Kesultanan Kutai Ing Martadipura.

“Jadi, wilayah IKN adalah sebuah aset dari Kesultanan Kutai. Itulah kekuasaan Allah SWT yang memberikan petunjuk melalui tangan seorang Presiden Jokowi,” jelasnya.

Padahal, sambung orang nomor satu Benua Etam ini, pada kepemimpinan Presiden RI sebelumnya juga pernah berupaya memindahkan ibu kota negara.

Tetapi, tepat di tangan kepemimpinan Presiden RI Jokowi, ibu kota NKRI bisa dipindahkan.

3. Kebesaran bangsa ini kembali ke Nusantara

Penunjukan IKN Nusantara seperti Kembalinya Kejayaan Kutai Salah seorang raja di Kesultanan Kutai Kartanegara. (IDN Times/Wibisono)

Isran beranggapan, sangat wajar jika masa kejayaan Kerajaan Kutai akhirnya dikembalikan ke Kaltim. Terutama dengan penunjukan Penajam Paser Utara - Kutai Kartanegara menjadi IKN. 

""Karena itu, inilah nasib Provinsi Kaltim,” jelasnya.

Bukan hanya itu, Kerajaan Kutai sejalan dengan waktu, akhirnya menyebar ke wilayah Sumatera dan Pulau Jawa. Hingga terbentuknya Kerajaan Sriwijaya, juga Majapahit dan semua kerajaan besar di nusantara ini mencapai masa keemasannya setiap tujuh abad sekali.

“Di abad ini, sangat wajar jika kembalinya masa kejayaan Kerajaan Kutai untuk tanah Nusantara, Indonesia,” ungkapnya. 

Baca Juga: Pelabuhan Samarinda Terapkan Layanan Online, Pantau Lalu Lintas Kapal

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya