Tiba di Samarinda, Ini Tiga Tempat Dikunjungi Wapres RI

Wapres Ma'ruf Amin mengunjungi Kaltim

Samarinda, IDN Times - Pesawat Kepresidenan membawa Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin sudah mendarat di Bandara APT Pranoto Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (2/11/2021) pukul 08.57 Wita. Rombongan Wapres RI di antaranya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Eksekutif Komite Pengarahan Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) Eko Prasojo, dan Plt Kepala Sekretaris Wapres Ahmad Erani Yustika.

Berikut ini titik lokasi menjadi agenda Wapres RI seperti disampaikan pihak Humas Pemprov Kaltim.

“Ada 3 titik lokasi yang akan dikunjungi oleh rombongan Wapres hari ini. Yaitu pertama di Hotel Bumi Senyiur, tempat istirahat para rombongan, kedua menghadiri Dies Natalis Ke 7 Universitas Nahdatul Ulama (UNU), dan terakhir ke Pendopo Odah Etam Kantor Gubernur Kaltim,” tulisnya dalam Grup WhatsApp media di Samarinda.

1. Kunjungi SD Muhammadiyah di Samarinda

Tiba di Samarinda, Ini Tiga Tempat Dikunjungi Wapres RIWakil Presiden Ma'ruf Amin di SD Muhammadiyah Samarinda Kaltim, Selasa (2/11/2021). Foto istimewa

Rombongan Wapres RI mendarat di Bandara APT Pranoto Samarinda pukul 08.57 Wita. Pimpinan daerah di Kaltim menyambut kedatangan orang nomor dua Indonesia ini, di antaranya Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Danrem 091 ASN Birgjen TNI Cahyo Suryo Putro, Kabinda Kaltim Brigjen TNI Danni Koswara, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman, serta pejabat lainnya.

Protokoler Wapres dan Pemprov Kaltim lantas membagikan ketika Ma'ruf Amin mengunjungi SD Muhammadiyah di Jalan Berantas Samarinda. Setelah itu, rombongan langsung menuju Hotel Bumi Senyiur Samarinda. 

Baca Juga: Jasad Pria Asal Samarinda Ditemukan Mengapung di Perairan Kotabaru

2. Dies Natalis UNU Samarinda

Tiba di Samarinda, Ini Tiga Tempat Dikunjungi Wapres RIWakil Presiden Ma'ruf Amin tiba di Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (2/11/2021). Foto istimewa

Tak berselang lama, rombongan Wapres RI lantas bertolak ke Gedung Baru Kampus UNU yang terletak di Jalan APT Pranoto Rapak Dalam Kelurahan Loa Janan Ilir Samarinda. Ma'ruf Amin menghadiri acara Dies Natalis ke-7 Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) sekaligus menandatangani prasasti peresmian pembangunan gedung Kampus 2 UNU Samarinda. 

Wapres pun nantinya menyampaikan orasi ilmiahnya di depan seluruh para undangan.

3. Rapat bersama UMKM di Samarinda

Tiba di Samarinda, Ini Tiga Tempat Dikunjungi Wapres RIIlustrasi UMKM (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Setelah melakukan kegiatan di gedung Kampus Baru UNU, rombongan selanjutnya berkunjung ke Pendopo Odah Etam Komplek Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda.

Wapres dijadwalkan melakukan rapat bersama UMKM di Samarinda dan memberikan arahan mengenai pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pelayanan publik.

Salah seorang pelaku UMKM Samarinda bernama Erni (45) menyambut baik agenda Wapres RI di mana salah satunya menemui kelompok ekonomi kecil. Meskipun tidak hadir dalam pertemuan dengan Wapres, pelaku bisnis kuliner menitip pesan tentang permasalahan utama dihadapi UKMK di Samarinda yakni kepemilikan lokasi lapak.

Pemkot Samarinda menerbitkan lapak PKL dengan alasan penerapan protokol kesehatan di masa pandemik COVID-19. Para pedagang akhirnya hanya mengandalkan pemasaran produk lewat sarana media sosial. 

“Saya tidak kebagian undangan. Saya mau sampaikan ke bapak RI 2, lapak kami setelah musim PPKM hingga sekarang itu hilang, tergusur alasan prokes dan lainnya. Sekarang kami cuma bisa jualan di media sosial. Media tolong sampaikan ini ke Bapak Kyai,” ujarnya. 

4. Ratusan personel Polresta Samarinda amankan kedatangan Wapres

Tiba di Samarinda, Ini Tiga Tempat Dikunjungi Wapres RIPolresta Samarinda dalam pengamanan kedatangan Wapres RI. Foto istimewa

Sementara itu, pihak Polresta Samarinda menyatakan bersiaga penuh dalam memastikan keamanan dan ketertiban selama kunjungan Wapres RI. Mereka menerjunkan sebanyak 558 personel dalam mengamankan area kunjungan rombongan Wapres Ma’ruf Amin. 

“Personel Polresta Samarinda yang diturunkan untuk pengamanan giat RI 2 di Samarinda sebanyak 558 personel,, pengamanan dilaksanakan baik di tempat-tempat yang dikunjungi oleh RI 2 maupun dilewati oleh RI 2 (pengamanan lalu lintas),” kata Humas Polresta Samarinda Ajun Komisaris Polisi Annisa melalui pesan singkat.

Baca Juga: Isran Noor : Selamat Datang Pak Kyai di Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya