Comscore Tracker

Akhirnya Jalur Menuju Bandara APT Pranoto Samarinda Segera Diperbaiki

Diusulkan masuk proyek MYC, dapat jatah Rp283 miliar

Samarinda, IDN Times - Jalan poros Samarinda-Bontang di Desa Tanah Datar, Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) memusingkan warga. Pasalnya kondisinya mengkhawatirkan. Lebih-lebih ketika hujan turun. Dipastikan becek dan berlumpur.

“Banyak yang mengalami kerugian atas kondisi ini. Terutama saat hujan deras, warga pun tak berani pergi ke pasar. Stok mi instan dan telur saja yang bisa bantu kami biar gak kelaparan,” ujar Nelvin, warga RT 04 Desa Tanah Datar saat dikonfirmasi pada Senin (5/4/2021).

1. Jadi akses utama menuju APT Pranoto, jalur poros Samarinda-Bontang krusial bagi warga

Akhirnya Jalur Menuju Bandara APT Pranoto Samarinda Segera DiperbaikiDok.IDN Times/Istimewa

Dia mengaku, jalan tersebut sudah beberapa tahun rusak. Namun tak pernah disentuh perbaikan. Tak tahan dengan kondisi tersebut, dia kemudian memberanikan diri bersuara di media sosial. Harapannya tak lain agar pemerintah mau mendengar dan memperbaiki jalan tersebut. Kendati jalur poros ini masuk jalan nasional, tapi Nelvin tetap kukuh menyuarakan isi hatinya.

“Setidaknya jalan ini bisa jadi prioritas, apalagi keberadaannya sangat sentral sebagai penghubung tiga daerah (Bontang-Samarinda-Kukar),” sebutnya.

Baca Juga: Soal Eks Lokalisasi Samarinda, DPRD Sinyalir Libatkan Prostitusi Anak

2. Diusulkan masuk proyek tahun jamak

Akhirnya Jalur Menuju Bandara APT Pranoto Samarinda Segera DiperbaikiIlustrasi alat berat (IDN Times/Hendra Simanjuntak)

Menanggapi situasi di Tanah Datar, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah II Kaltimtara, Andre Sahat Tua Sirait mengaku mengerti dengan keluhan warga. Jalur tersebut begitu krusial. Tak hanya itu saja, jalan ini juga merupakan satu-satunya akses menuju Bandara APT Pranoto. Jika terjadi kerusakan maka warga bakal kesulitan menuju bandar udara lantaran akses utamanya terputus. Namun begitu, secara bertahap perbaikan dilakukan. Mulai dari pengaspalan hingga pelebaran irigasi.

“Kami usahakan masuk program multy years contract (MYC),” tuturnya kepada sejumlah media di DPRD Kaltim.

3. Skema pendanaan perbaikan jalan mencapai Rp283 miliar

Akhirnya Jalur Menuju Bandara APT Pranoto Samarinda Segera DiperbaikiIlustrasi perbaikan jalan penghubung yang amblas (Dok.IDN Times/Istimewa)

Lantaran masuk anggaran proyek tahun jamak, Andre memastikan, kualitas jalan bisa di atas 90 persen dengan tahun anggaran 2021-2023. Skema pendanaannya mencapai Rp283 miliar. Misalnya pada 2021 sebesar Rp36 miliar, 2022 senilai Rp136 miliar dan pada 2023 berjumlah Rp111 miliar. Saat ini proses lelang tengah berlangsung. Lantaran ini tahun jamak dan jalan nasional maka persetujuan berasal dari pusat. Pekan lalu usulan perbaikan jalan ini sudah masuk dan butuh waktu 3 minggu demi bisa dapatkan tanda tangan kontrak.

“Targetnya tahun ini selesaikan di bagian segmen bandara dan Tanah Datar sepanjang 5 kilometer. Sekaligus drainase yang akan dibenahi,” pungkasnya.

Baca Juga: Dua Skema Penanganan Banjir Samarinda ala Wali Kota Andi Harun

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya