Comscore Tracker

Warga Kaltim Turut Berduka atas Kepergian BJ Habibie

Tiga hari Indonesia mengibarkan bendera setengah tiang

Samarinda, IDN Times - Bangsa ini berduka selepas Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie berpulang di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9).

Habibie meninggal pada usia 83 tahun. Kementerian Sekretaris Negara pun mengeluarkan surat edaran mengenai Pengibaran Bendera Negara Setengah Tiang dan Hari Berkabung Nasional.

Surat ini ditujukan kepada para pimpinan lembaga negara, gubernur Bank Indonesia, para menteri, jaksa agung, panglima TNI, kapolri, dan pimpinan lembaga non struktural dan lembaga pemerintah non kementerian.

Tak hanya itu, edaran ini juga berlaku kepada para Gubernur, Bupati, dan Walikota di seluruh Indonesia, para pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), hingga kepala perwakilan Indonesia di luar negeri.

1. Warga Kaltim ikut berduka

Warga Kaltim Turut Berduka atas Kepergian BJ HabibieIDN Times/Arief Rahmat

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, secara pribadi turut berduka atas mangkatnya presiden ketiga negara ini. Pun demikian dengan warga Kaltim. "Semoga almarhum mendapatkan rahmat dan anugerah dari yang Maha Kuasa," ungkap Isran, Kamis (12/9). Dia juga mendoakan agar semua keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Berkaitan dengan surat edaran, pengibaran bendera negara setengah tiang dilakukan selama 3 hari berturut-turut terhitung 12–14 September 2019 sesuai amanat UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.
"Tiga hari ke depan kita (warga Kaltim) akan mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk belasungkawa," katanya.

Baca Juga: Sebuah Kisah Pulpen Tinta Merah dan Biru Kesukaan BJ Habibie

2. Mangkatnya tokoh kebebasan pers di awal reformasi

Warga Kaltim Turut Berduka atas Kepergian BJ HabibieIDN Times/Tetrika Handiko Putri

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang juga menyampaikan hal senada kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Samarinda, selama tiga hari ke depan harus menaikkan bendera merah putih setengah tiang.

"Iya mulai tadi malam Rabu (11/9) sudah saya perintahkan untuk mengibarkan bendera setengah tiang," ujar Jaang.

Wali kota dua periode ini menyatakan, Habibie adalah tokoh demokrasi sekaligus figur kebebasan pers pasca runtuhnya rezim orde baru pada 1998.

"Bangsa ini berduka atas kepergian Pak Habibie. Tokoh nasional yang punya peran penting dalam pembangunan Indonesia," sebutnya.

4. Husnul khotimah untuk Pak Habibie, jenius kerdigantaraan dari Indonesia

Warga Kaltim Turut Berduka atas Kepergian BJ Habibiepedomanbengkulu.com

Jaang juga menyebut, jika Habibie adalah pelopor dalam urusan kedirgantaraan. Dialah yang menemukan teori keretakan. Lewat rumus ini penyebab keretakan di bodi burung besi, terutama sayap pesawat. Teori itu kemudian dipakai berbagai perusahaan maskapai di dunia.

"Semoga husnul khotimah dan almarhum Pak Habibie dapat diterima amal ibadahnya di sisi Allah SWT," terangnya.

Kini almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan, di samping makam istrinya, Hasri Ainun. Sebelum mangkat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Habibie sudah menjalani perawatan intensif sejak 1 September 2019.

Baca Juga: Perpisahan Mengharukan Putra Habibie: Sampai Jumpa, Pa 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya