Comscore Tracker

Relawan Pertamina Energi Negeri  Sambangi SD di Balikpapan

Aksi employee volunteerism Pertamina

Balikpapan, IDN Times - Pekerja Pertamina Group di Kalimantan menggelar aksi sosial. Secara nasional, mereka melaksanakan employee volunteerism di 65 sekolah dasar terdapat di 34 kota/kabupaten di Indonesia. 

Khususnya di Balikpapan, pekerja Pertamina melakukan aksi sosial di SD 008 Balikpapan Barat, SD 013 Balikpapan Barat, dan SD 002 Balikpapan Kota. 

"Program employee volunteerism yang kami lakukan ini bernama Pertamina Energi Negeri atau PEN," kata koordinator PEN Wilayah Kota Balikpapan Sulistyo Adi Pratomo yang juga merupakan Pekerja Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/11/2022). 

Program ini juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan HUT ke 65 Pertamina.

1. Kegiatan sukarela pekerja Pertamina

Relawan Pertamina Energi Negeri  Sambangi SD di BalikpapanPekerja Pertamina Group di Kalimantan menggelar aksi sosial employee volunteerism di tiga sekolah dasar Balikpapan Kaltim. Foto Pertamina

PEN merupakan kegiatan sukarela yang diinisiasi para pekerja Pertamina. Program ini pertama kali dilaksanakan di 10 sekolah dasar di Jakarta pada Februari 2016.

"Program PEN sempat tidak dilaksanakan akibat pandemik COVID-19 selama 2 tahun. Tahun ini PEN kembali hadir untuk kali kelima, sehingga programnya kita sebut program PEN 5.0," kata Sulistyo.

Kali ini, Pertamina menurunkan sebanyak 30 relawan yang mengajar 537 siswa dan siswi di tiga SD Balikpapan.

Relawan PEN 5.0 menyiapkan materi pembelajaran interaktif yang terdiri dari pengenalan proses bisnis Pertamina, menyosialisasikan Core Value BUMN yaitu AKHLAK, serta materi pembelajaran Bahasa Inggris.

Baca Juga: Operasional Bus Damri Balikpapan-IKN Diprotes Angkutan Bandara

2. Materi pelajaran diberikan kepada para siswa SD Balikpapan

Relawan Pertamina Energi Negeri  Sambangi SD di BalikpapanPekerja Pertamina Group di Kalimantan menggelar aksi sosial employee volunteerism di tiga sekolah dasar Balikpapan Kaltim. Foto Pertamina

Selain itu relewan PEN 5.0 juga memberikan materi terkait bullying dan woman emporwement.

Sulistyo mengatakan, sukarelawan Pertamina memberikan pemahaman agar tidak melakukan praktik perundungan. Woman Empowerment sendiri merupakan ruang untuk memberikan kepercayaan diri yang lebih pada siswi untuk meraih prestasi yang tinggi.

Di mana nilai-nilai dalam materi yang telah disiapkan adalah hal yang telah diterapkan dalam tubuh Pertamina. 

Selain mengajar relawan PEN 5.0 juga disalurkan bantuan ke 3 SD yang terlibat berupa paket buku pembelajaran yang dapat dimanfaatkan di perpustakaan di masing-masing sekolah dasar.

3. Apresiasi Pertamina atas aksi karyawannya

Relawan Pertamina Energi Negeri  Sambangi SD di BalikpapanPekerja Pertamina Group di Kalimantan menggelar aksi sosial employee volunteerism di tiga sekolah dasar Balikpapan Kaltim. Foto Pertamina

Perusahaan turut memberikan apreasiasi terhadap aksi yang dilaksanakan oleh para relawan. Program PEN ini merupakan kepedulian terhadap pengembangan aspek sikap dan perilaku serta tindakan anakanak usia pendidikan dasar.

Area Manager Communication Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Susanto August Satria mengatakan, bagian dari budaya Pertamina mendukung peningkatan kinerja perusahaan.

Lewat kegiatan yang diselenggarakan pekerja sendiri melalui agent of change dengan sinergi beragam komunitas di internal Pertamina.

Demikian pun Area Manager Communication Relations & CSR KPI PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin mengatakan, program ini merupakan bentuk kolaboratif. Para pekerja ini mengkoordinasikan sebuah program yang merepresentasikan Pertamina. 

Chandra berharap kegiatan ini memberikan manfaat tidak hanya pada relawan dan perusahaan, namun juga dapat menginspirasi para pelajar.

"Dengan semangat One Pertamina salah satunya melalui PEN 5.0 ini, kita berharap akan tercipta energi positif penggerak masa depan," tutup Chandra.

Baca Juga: Kejar Target, Kontraktor Tangani Banjir di Balikpapan Tambah Pekerja

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya