Pemkot Banjarmasin akan Bedah Puluhan Rumah Tidak Layak Huni

Ratusan rumah warga antre direnovasi

Banjarmasin, IDN Times - Ratusan rumah tidak layah huni (rutilahu) masih banyak ditemui di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel). Lokasinya banyak tersebar di sejumlah kawasan kumuh di sejumlah lokasi di mana berada di Banjarmasin wilayah utara, selatan, dan barat. 

Pihak Dinas Sosial Kota Banjarmasin yang mengalokasikan anggaran program renovasi dan bedah rumah milik masyarakat. 

1. Pengerjaan renovasi rutilahu ditarget bulan depan

Pemkot Banjarmasin akan Bedah Puluhan Rumah Tidak Layak HuniSebelum dan sesudah rutilahu yang mendapat program direnovasi.

Kepala Dinsos Kota Banjarmasin Dolly Syahbana menargetkan pada tahun ini merenovasi sebanyak 46 unit rutilahu. Proses pengerjaan bedah rumah warga dijadwalkan mulai berjalan pada bulan Juli nanti. 

Ia memperkirakan jumlah rutilahu akan terus bertambah di mana pengerjaannya disesuaikan dengan besaran APBD Perubahan yang dibahas pertengahan tahun nanti.

"Murni APBD tahun ini renovasi ada 38 unit, tapi bisa saja bertambah menunggu hasil rapat APBD perubahan nanti," ucapnya.

Baca Juga: Semangat Reformasi yang Masih Jadi Pertanyaan di Banjarmasin

2. Dinsos selektif, 8 rutilahu dibatalkan

Pemkot Banjarmasin akan Bedah Puluhan Rumah Tidak Layak HuniSuasana pemukiman padat penduduk di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (7/12/2020). Provinsi Jawa Barat mendapatkan bantuan Rp68 miliar untuk program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) guna mendukung kegiatan padat karya yang menitikberatkan pada infrastruktur pemukiman terutama peningkatan kualitas pemukiman kumuh di 68 kelurahan dan desa di 19 kota atau kabupaten. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Pemkot Banjarmasin hati-hati dalam menjalankan program bedah rumah rutilahu ini. Terdapat sejumlah persyaratan yang harus terpenuhi agar pemerintah daerah tidak menyalahi ketentuan sudah digariskan. 

Seperti salah satunya verifikasi ulang rumah warga, seperti soal kepemilikan, kemampuan pemilik, hingga status ahli waris. Dalam prosesnya, Pemkot Banjarmasin sudah membatalkan renovasi 8 rutilahu di masyarakat. 

Pada tahun ini, Dollu menyebutkan sebanyak 225 usulan program renovasi rutilahu di Banjarmasin. Lokasinya berada di Banjarmasin bagian barat, utara, dan selatan yang mendominasi kawasan kemiskinan ekstrem Banjarmasin. 

"Sekarang sudah masuk 225 usulan. Usulan ini akan ditentukan rapat perubahan APBD nanti," bebernya.

3. Syarat masuk program renovasi rutilahu

Pemkot Banjarmasin akan Bedah Puluhan Rumah Tidak Layak Huniunsplash.com/Jordan Opel

Kabid Dayasos Dinsos Kota Banjarmasin Amrullah menambahkan, anggaran renovasi rutilahu masing-masing rumah sebesar Rp25 juta. Meningkat dari tahun 2022 sudah ditetapkan sebesar Rp24 juta peruntukan 124 unit rutilahu Banjarmasin. 

Amrullah mempersilakan masyarakat mengusulkan diri agar bisa masuk dalam program renovasi rumah ini. Persyaratannya adalah warga bersangkutan masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), status tanahnya milik sendiri, dan tidak berada di jalur hijau atau bantaran sungai. 

"Bisa dimasukkan dari sekarang, melalui ke dinsos, kecamatan, atau kelurahan setempat. Agar bisa kami masukkan sebelum nantinya pembahasan APBD murni," katanya.

Baca Juga: Banjarmasin targetkan 40 Medali Emas dalam Popda Kalsel 2023 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya