Rentan Tertular Corona, Wartawan di Balikpapan Jalani Rapid Test  

Rapid test dilakukan di RSUD Beriman Kota Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Sekitar 20 jurnalis dari sejumlah media yang ada di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menjalani rapid test di rumah sakit umum daerah (RSUD) Beriman, Rabu (8/04).

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah  (RSUD) Beriman Kota Balikpapan, dr Cokorda Ratih mengatakan rapid test ini hanya pemeriksaan awal untuk mengetahui adanya gejala dandugaan seseorang terpapar virus corona.

“Saya kira ini merupakan screening untuk mengetahui lebih awal dengan rapid test ini, memang tingkat akurasi 30 persen,” katanya ketika diwawancarai wartawan di RSUD Beriman Kota Balikpapan, Rabu.

1. Hasil rapid test diketahui dalam waktu 15 menit

Rentan Tertular Corona, Wartawan di Balikpapan Jalani Rapid Test  IDN Times/Haikal

Dalam pemeriksaan dengan menggunakan rapid test ini, sampel darah setiap orang akan diambil sebagai bahan pemeriksaan terhadap kondisi imun seseorang dengan menggunakan alat rapid test

Pemeriksaan dengan menggunakan rapid test adalah pemeriksaan awal untuk mengetahui lebih cepat kondisi kesehatan seseorang, dengan mengetahui kondisi imunitas dan gejala-gejala yang ada.

Hasil rapid test yang dihasilkan kemudian akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan untuk ditindaklanjuti, termasuk apabila ditemukan adanya hasil pemeriksaan yang positif.

“Dalam 15 menit hasil rapid test ini sudah ada hasilnya, “Dan ketika nanti diketahui hasilnya positif tentunya perlu pemeriksaan lebih lanjut dengan swab,” jelasnya.

2. Satu pasien rawat inap positif rapid test

Rentan Tertular Corona, Wartawan di Balikpapan Jalani Rapid Test  safetyservicesdirect.com

Ia menambahkan, selama sepekan ini pihaknya telah melakukan rapid test terhadap 50 orang yang diutamakan kepada tenaga medis dan pasien yang dirawat di lingkungan RSUD Beriman Kota Balikpapan.

Pasien yang menjalani rapid test merupakan pasien yang terindikasi memiliki gejala-gejala yang mengarah pada dugaan terpapar virus corona seperti demam, batuk dan filek.

Dari hasil pelaksanaan rapid test terhadap pasien yang ada di RSUD Beriman Kota Balikpapan ditemukan satu pasien yang terindikasi positif berdasarkan hasil pemeriksaan dengan menggunakan alat rapid test.

Hasil pemeriksaan tersebut, saat ini telah diserahkan kepada Dinas Kesehatan (Dinskes) Kota Balikpapan untuk ditindaklanjuti, dengan melakukan tindakan medis diantaranya dengan melakukan swab, untuk memastikan dugaan pasien yang bersangkutan telah terpapar virus corona.

“Selama sepekan ini, kita telah melakukan rapid test sebanyak 50 orang, yang terdiri dari tenaga medis dan pasien yang memiliki gejala-gejala yang mengarah ke corona, hasilnya satu pasien dilaporkan positif dan pemeriksaan lebih lanjut telah diserahkan ke Dinas Kesehatan,” ucap Cokorda Ratih.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Balikpapan Evaluasi Bilik Disinfeksi di Tempat Umum

3. Jurnalis sangat rentan tertular

Rentan Tertular Corona, Wartawan di Balikpapan Jalani Rapid Test  IDN Times/Haikal

Salah satu jurnalis di Kota Balikpapan, Teguh Suwito yang dimintai tanggapannya terkait kegiatan ini menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Balikpapan karena telah difasilitasi untuk menjalani rapid test corona.

Menurutnya, jurnalis merupakan salah satu garda terdepan yang rentan terpapar virus corona, dengan kegiatannya yang banyak berkaitan menyangkut peliputan kegiatan penanganan virus corona.

“Saya mengucapkan terima kepada Pemkot Balikpapan khususnya Dinas Kesehatan karena sudah difasilitasi, jurnalis juga merupakan garda terdepan, terutama dalam menyampaikan informasi terhadap perkembangan penanganan penyebaran virus corona,” ungkapnya.

Baca Juga: Balikpapan Terancam Kehilangan 50 Persen PAD Gara-gara COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya