TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PPU Bertekat Penuhi Kebutuhan Pangan untuk IKN Nusantara

Peluang suplai pangan sangat besar

Gubernur Kaltim, Isran Noor menyerahkan penghargaan pangan ke Plt Bupati PPU, Hamdam (IDN Times/Ervan)

Penajam, IDN Times - Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) bertekat membuat terobosan dalam memenuhi kebutuhan pangan untuk penduduk di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Karena PPU memiliki peluang besar untuk menyuplai pangan seiring dengan keberadaan IKN Nusantara yang diputuskan berada di Kecamatan Sepaku.

“Harus ada terobosan-terobosan yang kita lakukan, karena peluang untuk suplai pangan seiring IKN ini tentu sangat terbuka lebar,” kata Plt Bupati PPU Hamdam kepada IDN Times, usai menerima penghargaan terbaik tiga bidang kinerja ketahanan pangan tingkat Kaltim di Ballroom Blue Sky Hotel Balikpapan, Senin (30/5/2022).

Baca Juga: PPU Usul Prioritas Konektivitas Penghubung IKN dengan Daerah Lain

1. Pemerintah PPU dan seluruh elemen masyarakatnya harus berpikir out of the box

Gubernur Kaltim, Isran Noor menyerahkan penghargaan pangan ke Plt Bupati PPU, Hamdam (IDN Times/Ervan)

Terkait ketahanan pangan dan peningkatannya, lanjut Hamdam, masyarakat PPU harus mampu berpikir kreatif out of the box. Sehingga mampu mencapai tujuan sesuai perkembangan dan persaingan zaman. 

“Dan perlu langkah-langkah baru dalam mengembangkan potensi sektor pangan kita. Oleh karena itu, melihat potensi pangan di Kabupaten PPU ini begitu mumpuni untuk terus dikembangkan," harapnya.

Tentunya, tambah Hamdam, dengan komoditas yang bervariasi misalnya, perikanan dengan garis pantai yang ada. Termasuk kawasan budidaya dan tangkap serta komoditas lain yang meliputi sektor pertanian lainnya. 

2. Pemerintah PPU dan masyarakat mengembangkan komoditas pangan

Ilustrasi pertanian (Dok. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Dikatakannya, pemerintah PPU saat ini, juga sangat membuka diri bersama dengan masyarakatnya dalam mengembangkan sektor komoditas pangan. Karena tidak bisa dipungkiri salah satu upaya menyambut hadirnya IKN adalah mempersiapkan diri sebagai salah satu kawasan, penyuplai komoditas pangan dan ini sudah saatnya dipersiapkan dari sekarang. 

“Kita patut syukuri dan sangat mengapresiasi kerja teman-teman dinas terkait beserta jajaran yang ada dalam bidang ketahanan pangan. Karena PPU berhasil meraih penghargaan ini.

Prestasi tersebut, jelasnya, merupakan tolak ukur dan ke depan dan harus ditingkatkan bersama lagi, dengan kerja-kerja tim yang sampai sekarang terus dilakukan secara bersama-sama. 

"Prestasi dalam bidang peningkatan ketahanan pangan harus terus dipertahankan. Bahkan bila perlu lebih ditingkatkan lagi pencapaiannya serta kinerja dalam mengoptimalkan peran sektor pangan ini," tegasnya. 

Baca Juga: Sidang Korupsi Bupati PPU akan Digelar di PN Tipikor Samarinda

Berita Terkini Lainnya