TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemkot Balikpapan Pertimbangkan Buka Kembali Arena Bermain Anak-anak

Status Balikpapan masih bertahan di zona oranye

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan rilis COVID-19 (IDN Times/Riani Rahayu)

Balikpapan, IDN Times - Status Kota Balikpapan yang berada di zona oranye, membuat pemerintah kota mulai melakukan evaluasi untuk relaksasi tempat hiburan. Sebelumnya Pemkot Balikpapan telah mengizinkan pembukaan bioskop. Saat ini, arena bermain anak-anak sedang dalam pertimbangan untuk dapat beroperasi lagi.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi sekaligus Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan menyampaikan, "Ya, kalau memungkinkan dalam waktu dekat kita buka. Terbatas, tapi mungkin untuk permainan perseorangan," ujarnya, dalam jumpa pers hari ini, Sabtu (17/10/2020) di halaman Kantor Pemerintah Kota Balikpapan.

Baca Juga: 619 Warga Penajam Paser Utara Langgar Yustisi Perbup Prokes

1. Evaluasi pembukaan arena bermain dilakukan dalam beberapa hari ini

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi (IDN Times/Riani Rahayu)

Disinggung soal pembukaan tempat bermain, sedangkan sekolah belum dapat berjalan, Rizal menyampaikan, bahwa hal tersebut berbeda. Mengingat proses belajar mengajar memang mengumpulkan siswa dalam satu ruangan.

Ia meminta, agar masyarakat dapat menunggu hasil evaluasi. Jika fakta di lapangan menunjukkan aman, maka tempat bermain anak-anak dapat segera beroperasi lagi. Ia menuturkan pihaknya akan melakukan evaluasi dalam waktu satu sampai dua hari.

"Kita lihat dulu kemungkinannya. Tidak dapat dipastikan besar-kecilnya. Kita lihat nanti di lapangan," kata dia.

2. Grafik R-Naught masih fluktuatif, belum ada tanda-tanda status bergeser ke zona kuning

(IDN Times/Riani Rahayu)

Status zona sedang yang disandang Kota Balikpapan saat ini, dinilai dari grafik R-Naught atau R0-nya. Semakin sedikit jumlah kasus, maka semakin kecil jumlah R0.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty menjelaskan, belum ada tanda-tanda perubahan angka R0 yang menunjukkan Balikpapan dapat segera masuk ke zona kuning. Menurutnya, grafik R0 saat ini masih bersifat fluktuatif. 

"Grafiknya 0,64 naik 0,7. Masih naik di situ. Tiap hari, 'kan bergerak. Jadi masih tetap zona oranye," jelas wanita yang akrab disapa Dio ini.

Baca Juga: Jam Malam di Balikpapan Ditiadakan, THM Belum Boleh Buka Dulu

Berita Terkini Lainnya