TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pandemik Panjang, Pemuda Balikpapan Nekat Curi Panel Surya Jalanan 

Kerugian Dishub Balikpapan mencapai Rp50 juta

Jumpa press pencurian panel surya lampu jalan Balikpapan Kaltim. Foto istimewa

Balikpapan, IDN Times - Ada-ada saja ulah orang kalau sudah kepepet di masa pandemik COVID-19. Seperti dilakukan pemuda inisial S (28) yang nekat mencuri panel surya lampu penerapan Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). 

Pelaku mengaku nekat mencuri panel surya fasilitas publik untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di masa pandemik COVID-19 ini. 

"Terpaksa melakukan pencurian lantaran butuh biaya hidup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata tersangka pencurian ini pada wartawan di Mapolresta Balikpapan, Jumat (27/8/2021). 

 

Baca Juga: Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan Berlanjut Tembus Bontang

1. Mengincar lampu penerangan yang mempergunakan panel surya

Jumpa press pencurian panel surya lampu jalan Balikpapan Kaltim. Foto istimewa

Dalam menjalankan aksinya, S mengaku terlebih dahulu menyurvei sejumlah lokasi lampu penerangan yang memungkinkan untuk dicuri. Dengan mengendarai sepeda motor, ia mengelilingi guna menentukan lokasi lampu penerangan menjadi incarannya. 

Setelah kondisinya dirasakan aman, S pun langsung memanjat lampu penerangan serta membetot paksa panel surya sehingga kabelnya terputus dari lampu PJU. Pelaku yang beraksi sendirian, mengaku hanya mengincar panel surya yang kondisi mati serta terputus dari lampu PJU.  

“Ngambil yang mati-mati saja, yang kabelnya tergantung,” kilahnya

2. Pelaku mencuri 7 panel surya lampu penerangan jalan

Tersangka pencurian panel surya di jalanan Balikpapan Kaltim. Foto istimewa

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro mengatakan, polisi menerima laporan pencurian panel surya dari Dinas Perhubungan Balikpapan. Lampu penerangan di perempatan Jalan Syarifuddin Yoes ini tidak menyala selama dua pekan terakhir. 

Usut punya usut, Dishub Balikpapan memastikan panel surya terpasang sudah raib digondol maling. Setidaknya terdapat 7 panel surya lampu penerangan jalan di Balikpapan yang sudah hilang dengan total kerugian sebesar Rp50 juta. 

Mengetahui hal tersebut, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan pun melaporkan kejadian tersebut ke Mapolresta Balikpapan.

Baca Juga: Ribuan Pelajar di Balikpapan Mulai Dilakukan Vaksinasi COVID-19

Berita Terkini Lainnya