Badan Otorita Mengajak Masyarakat Indonesia Pilih Logo IKN 

Berlangsung hingga 20 Mei 2023 depan

Penajam, IDN Times - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengajak masyarakat Indonesia turut berpartisipasi dalam pemilihan logo IKN. Pemilihan logo baru IKN ini sudah berlangsung hingga 20 Mei 2023 nanti di mana sudah terdapat 400 ribu pemilih. 

“Mengingat animo masyarakat yang sangat tinggi, capaian ini cukup fantastis, sehingga pemerintah melalui Otorita Ibu Kota Nusantara OIKN bersama Bank Negara Indonesia (BNI) terus menggenjot penyebarluasan informasi agar lebih banyak lagi pihak yang ikut memilih logo IKN,” kata Kepala OIKN Bambang Susantono dalam keterangan tertulis, Kamis (18/5/2023).

1. Logo terpilih diumumkan Jokowi

Badan Otorita Mengajak Masyarakat Indonesia Pilih Logo IKN Kepala Otorita OIKN Bambang Susantono. Sumber foto Tim Humas OIKN (IDN Times/Ervan)

Bambang mengatakan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo nantinya yang akan mengumumkan logo terpilih sesuai pilihan masyarakat. Sepuluh orang beruntung memperoleh hadiah sepeda motor listrik yang dibubuhi ditandatangan langsung oleh presiden. 

Masyarakat memilih logo tersebut melalui tautan https://ikn.go.id/pilihlogonusantara. 

Pihaknya mengundang masyarakat, aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri untuk ikut berpartisipasi. “Dan juga merupakan representasi bangsa Indonesia,” ujar Bambang Susantono.

Baca Juga: Bupati PPU: Data Masyarakat Miskin Persoalan Sejak Lama 

2. Atensi publik masih diperlukan

Badan Otorita Mengajak Masyarakat Indonesia Pilih Logo IKN Dokumentasi Kementerian PUPR

Menurutnya atensi publik diperlukan agar logo IKN mempunyai nilai representasi yang baik. OIKN bersama BNI memberikan informasi tersebut melalui kanal-kanal media strategis, seperti televisi, radio, iklan videotron, website, media massa, maupun media sosial.

Pemilihan logo ini diselenggarakan secara terbuka agar masyarakat terlibat langsung dalam proses pembangunan IKN di Kalimantan Timur (Kaltim).

Untuk diketahui, bebernya, pada Senin (8/5/2023) hingga Jumat (12/5/2023) kemarin,  Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) telah melaksanakan diskusi publik lima kandidat logo IKN di YouTube ADGI Pusat. 

“Masing-masing kandidat memaparkan makna atau nilai dari logo yang dilombakan. Sehingga masyarakat dapat mengenal lebih jauh logo yang akan dipilih,” pungkasnya.

3. Kandidat paparkan makna atau nilai logo

Badan Otorita Mengajak Masyarakat Indonesia Pilih Logo IKN Sebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Berikut adalah nama-nama desainer dari lima logo yang terpilih:

  1. Agra Satria, pendiri dan direktur kreatif MATA Studio, alumni DKV ITB dan Master in Visual Branding Design Domus Academy Italy.
  2. Aulia Akbar, desainer grafis yang berdomisili di Bandung, lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House. 
  3. Dimas Fakhruddin, desainer grafis profesional asal Malang, Jawa Timur. Pendiri Yumakiso Studio, studio desain grafis yang berfokus pada branding, packaging, dan tipografi. 
  4. Ismiaji Cahyono, Kepala Studio desain SUNvisual dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Lulusan DKV ITB ini mengawali kariernya di Leboye Design sebelum melanjutkan program master ke The School of The Art Chicago melalui beasiswa fulbright. 
  5. Wildan Ilham, co-founder Workbyw, konsultan brand di Jakarta. Karyanya telah dipublikasikan di berbagai media internasional seperti The Dieline dan Brand Magazine Hong Kong. 

Baca Juga: Parpol di PPU Sudah Penuhi Keterwakilan Caleg Perempuan 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya