KLHK akan Gelar Road to IKN para Pesepeda di ASEAN  

Road to IKN akan menempuh jarak 102,3 kilometer

Penajam, IDN Times - Pemerintah akan menggelar event Road to Ibukota Nusantara (IKN) sepanjang 102,3 kilometer selama dua hari pada 10 hingga 11 Juni 2023 nanti. Kegiatan bersepeda ini digelar bertepatan Hari Lingkungan Hidup Dunia Tahun 2023 sekaligus mempromosikan potensi wisata di kawasan penyangga IKN. 

"Kegiatan ini sesuai surat kami terima dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) Khairuddin, Kamis (8/6/2023). 

1. Dari lapangan Merdeka Balikpapan hingga Titik Nol Nusantara

KLHK akan Gelar Road to IKN para Pesepeda di ASEAN  Prosesi penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia yang dilakukan Presiden dan rombongan di Titik Nol IKN, Senin (14/3/2022). (Dok. KLHK)

Khairuddin mengatakan, rute event Road to IKN menempuh rute Lapangan Merdeka hingga titik akhir Titik Nol Nusantara di Sepaku PPU dengan menempuh jarak 102,3 kilometer. 

Road to IKN akan diikuti sebanyak 300 pesepeda dari komunitas sepeda di Indonesia dan negara ASEAN. 

Setibanya di titik akhir, para peserta nantinya akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Wana Riset Badan Pusat Standardisasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan Samboja di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Bendungan Sepaku-Semoi di PPU.

“Serta ada satu titik peristirahatan di kediaman dinas Bupati PPU di Trunen Desa Bumi Harapan, Sepaku, PPU,” urainya.

Baca Juga: PHKT Tanam 5 Ribu Bibit Mangrove dan Bersih Pantai di PPU

2. Dilakukan penanaman pohon di Titik Nol Nusantara

KLHK akan Gelar Road to IKN para Pesepeda di ASEAN  Sebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Diungkapkannya, sesuai jadwal yang telah direncanakan di lokasi Titik Nol Nusantara akan dilakukan penanaman pohon serta penyerahan medali dan hadiah kepada lima peserta waktu tercepat.

“Melalui peringatan HLH kita diajak kembali untuk menegaskan aksi kepedulian terhadap pelestarian dan peningkatan lingkungan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan,” tuturnya.

Mempertimbangkan hal tersebut, maka KLHK sebagai kementerian yang memiliki tugas dan fungsi penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia bakal menyelenggarakan aksi Bersepeda Road to IKN.

“Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan IKN sebagai Ibu Kota Baru Indonesia yang menerapkan konsep smart forest city, dengan mengutamakan pengelolaan wilayah fungsional perkotaan yang berorientasi pada aspek lingkungan hidup berkelanjutan,” urainya.

3. IKN miliki daya tarik pemberdayaan ekonomi masyarakat

KLHK akan Gelar Road to IKN para Pesepeda di ASEAN  Ilustrasi Persemaian bibit pohon untuk penghijauan di IKN (IDN Times/Ervan)

Dan melalui kegiatan bersepeda, sambungnya, menjadi salah satu cara gaya hidup sehat yang rendah emisi untuk menciptakan langit biru di mana bertujuan pula untuk memperkenalkan potensi wisata alam lokal di sekitar IKN. 

“Hal ini diperlukan agar, IKN selain menjadi pusat pemerintah Indonesia, tetapi juga dapat dilihat sebagai daerah yang memiliki potensi wisata yang memiliki daya tarik sekaligus bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Peserta kegiatan ini ditargetkan dari kepesertaan masyarakat pecinta sepeda, komunitas sepeda seluruh Indonesia dan negara sahabat, kementerian atau lembaga dunia usaha dan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

“Pelaksana kegiatan dari KLHK selain telah menjadwal kegiatan Road to IKN dan penanaman pohon di titik nol nusantara juga menyiapkan beberapa kegiatan lain. Kita berharap kegiatan itu berjalan dengan lancar dan tujuannya dapat terwujud,” pungkasnya.

Baca Juga: Kejari PPU Buka Posko untuk Antisipasi Adanya Pidana Pemilu

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya